nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wah, Ternyata Ada Parfum Kemenyan Loh!

Sabtu 18 Januari 2020 19:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 18 611 2154802 wah-ternyata-ada-parfum-kemenyan-loh-cDh1BiZd3n.jpg Aroma parfum kemenyan yang memikat (Foto: Shutterstokc)

Selama ini kemenyan sangat akrab dengan dunia mistis dan perdukunan. Namun ternyata kemenyan bisa dibuat dalam produk lain.

Tahukah kalian, ternyata ada parfum kemenyan loh! Di tangan para peneliti Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli di Sumatra Utara wangi kemenyan berubah menjadi eksotis dan berkelas.

 parfum

Parfum kemenyan ini diberi nama Tobarium. Aroma parfum ini sangat wangi dan lembut bagaikan aroma parfum kelas dunia.

Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup, Sylvana Ratina menjelaskan, ide pengembangan parfum kemenyan mempertimbangkan manfaat multidimensi kemenyan sebagai sumber penghidupan, dan perkembangan sosial budaya dan peradaban di Sumut.

Selama ini resin kemenyan merupakan komoditas hasil hutan bukan kayu utama di Sumatera Utara. Komoditas ini memiliki sumbangan yang cukup besar terhadap pendapatan asli daerah.

Dengan ditemukannya parfum Tobarium ini, resin kemenyan menjadi produk unggul bernilai ekonomis tinggi. Tentu aroma parfum Tobarium berbeda dengan pewangi lain yang beredar di pasaran.

Seperti diketahui Parfum Tobarium sama sekali tidak mengandung alkohol dan tingkat konsentrasi larutannya tinggi sehingga bisa tahan lama. Selain wangi, Parfum Tobarium juga dapat digunakan untuk aroma terapi dan penyegar.

"Wangi parfum ini berkelas, tahan lama dengan sensasi aroma yang berbeda sepanjang waktu," ujar Sylvana.

Parfum kemenyan ini sejatinya dihasilkan oleh tangan dingin Cut Riziani Cholibrina, peneliti di Balai Litbang LHK Aek Nauli. Ia meracik parfum dengan memadukan minyak kemenyan dan minyak atsiri dari flora hutan tropis Indonesia, sehingga gradasi aromanya begitu kentara.

Parfum kemenyan saat ini telah tersedia dalam tujuh varian aroma yakni Rizla (floral fresh), Riedh (floral fruit), Jeumpa (cempaka), Azwa (woody), Aphis (green oceanic), Tiara (oriental), dan Sylva (forest).

"Perlu diketahui, memiliki aroma yang wangi dan lembut, parfum kemenyan ini sangat berbeda dengan aroma kemenyan yang dibakar untuk digunakan dalam kegiatan ritual mistis masyarakat," terang Cut Riziani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini