nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejauh Mana Tren Perkembangan E-Sport di 2020?

Fadhil Khatamy, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 10:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 18 612 2154662 sejauh-mana-tren-perkembangan-e-sport-di-2020-95QdH1taJA.jpg Ilustrasi. (Foto: Instagram)

E-SPORT jadi salah satu kegiatan yang sedang tren di Indonesia. Banyak orang mulai menekuni dunia E-Sport yang menyenangkan.

E-Sport banyak digeluti oleh kalangan muda pada zaman sekarang atau biasa disebut generasi milenial. Di 2020, tren E-Sport memang sudah terlihat ramai digandrungi.

Hal itu dikatakan oleh E-Sport Manager Garena Indonesia Wijaya Nugroho. Menurutnya, E-Sport akan sangat naik di tahun 2020 karena teknologi yang semakin canggih. Sehingga siapapun mudah untuk bermain E-Sport.

games

"E-Sport akan terus naik dan bertumbuh luar biasa. Melihat semakin banyak events baik dari skala lokal, Nasional, sampai internasional. Bahkan sampai di multi events seperti Asian Games 2018 dan Sea Games 2019 kemarin," kata Wijaya saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Sebenarnya, kata Wijaya, E-sport sudah tren dari beberapa tahun belakangan. Hanya saja didominasi oleh pemain games casual, yang mengikuti turney lokal dari tahun 2005. Sehingga belum booming dengan istilah E-Sport seperti sekarang.

Wijaya juga menceritakan bahwa sejarahnya mengembangkan E-Sport melalui Garena mulai dari 2015. Di tahun itu, di Indonesia belum ada turnamen dari skala lokal, Nasional, sampai internasional.

Begitu juga dengan acara dan panggung yang mewah, seperti di luar negeri beserta hadiahnya, juara 1 mendapatkan Rp1 Miliyar pada tahun 2015.

"Kami buat itu di Indonesia dari tahun 2015 melalui Pc Gaming," tambah Wijaya.

Lalu yang kedua pada tahun 2017, mereka membuat events E-Sport antar pelajar, yang mana menggunakan syarat nilai akademik (rapor) untuk pendaftaran. Artinya, pendaftar E-Sport harus dari kalangan murid yang nilainya baik. Sehingga seimbang antara akademik dan hobinya demi meraih hadiah uang beasiswa.

Kemudian, orang-orang juga semakin teredukasi bahwa sisi positif dari E-Sport dan gaming ini sangat banyak. Bahkan sampai berpretasi dan bisa menjadi sumber penghasilan. Selain itu tentunya berkat support dari pemerintah.

Wijaya berharap, semoga E-Sports di 2020 dapat terus berkembang dan maju tentunya juga berprestasi. Agar nama Indonesia terus dan akan selalu berkumandang di tingkat internasional.

"Semoga seluruh ekosistem E-Sports dapat mengembangkan E-Sports, bersama-sama untuk menjadi lebih baik. Jadi bukan hanya untuk kepentingan-kepentingan pribadi, bahkan hanya untuk berpolitik, pungkas Wijaya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini