nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Memasak Daging untuk Santapan Imlek

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 16:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 19 298 2154979 tips-memasak-daging-untuk-santapan-imlek-Rt0J9aqByr.jpg Ilustrasi. Foto: Lifestyle Asia

MEMASAK aneka daging seperti sapi, ayam, domba dan babi untuk santapan dalam rangka perayaan Imlek tentu sangat menyenangkan. Namun perlu kecermatan agar masakan tersebut jadi makanan yang sehat.

Kunci dalam mengolah daging adalah memasaknya dalam suhu yang pas. Para ahi pangan menyatakan bahwa daging dianggap aman untuk dimakan ketika dimasak pada waktu yang cukup lama dan suhu yang cukup tinggi karena dapat membunuh mikroorganisme berbahaya.

Nah untuk Anda yang hendak memasak daging, berikut tips agar makanan sehat seperti yang dikutip dari Health Line pada Minggu (19/1/2020):

1.Ayam (berbagai jenis unggas)

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Beberapa jenis unggas seperti ayam, bebek, angsa, kalkun, dan burung puyuh mungkin menjadi hewan yang paling dikonsumsi bagi sebagian besar masyarakat. Hewan yang masuk dalam kategori unggas ini dapat terkontaminasi Campylobacter.

Bakteri tersebut dapat menyebabkan diare berdarah, demam, muntah, dan kram otot. Salmonella dan Clostridium Perfringens juga bisa ditemukan pada daging unggas mentah dan menyebabkan gejala serupa. Suhu yang aman untuk memasak unggas adalah 75 derajat celcius, dengan demikian bakteri yang disebutkan tadi akan mati.

2.Sapi

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Daging sapi dan olahan yang terbuat dari sapi seperti bakso, sosis, dan daging burger harus dimasak mencapai dalam suhu 70 derajat celcius. Sementara steak dan daging sapi muda harus dimasak setidaknya 65 derajat celcius. Hal ini untuk memastikan berbagai bakter yang ada didalamnya mati.

Daging sapi adalah rumah bagi bakteri E. Coli O157: H7, bakteri yang dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa. Bakteri ini dapat menyebabkan sindrom uremik hemolitik yang dapat mengakibatkan gagal ginjal dan purpura trombositopenik trombotik, yang berimbas pada pembekuan darah di seluruh tubuh. Nah biar aman untuk disantap para momen perayaan Imlek, masaklah daging tersebut pada suhu 70 derajat celcius.

3.Domba dan kambing

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Sebagian daging domba bisa saja mengandung patogen seperti Staphylococcus Aureus, Salmonella Enteritidis, Escherichia Coli O157: H7, dan Campylobacter. Jika dibiarkan, bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan penyakit serius.

Untuk membunuh bakteri berbahaya tersebut, domba giling misalnya harus dimasak dengan suhu 70 derajat celcius. Sedangkan daging domba dan daging kambing harus dimasak dengan suhu setidaknya 65 derajat celcius.

4.Babi dan Ham

Seseorang yang memasak daging babi dengan tidak benar dapat tertular trichinosis yang disebabkan oleh parasit Trichinella Spiralis. Penyakit ini timbul apabila mengonsumsi daging babi mentah atau kurang matang. Trichinosis menyebabkan mual, muntah, demam, dan nyeri otot, yang berlangsung hingga delapan minggu, atau bahkan bisa menyebabkan kematian.

Untuk mencegah hal buruk tersebut, daging babi atau ham segar harus dimasak pada suhu 65 derajat celcius. Jika Anda memanaskan ulang produk ham atau babi yang telah dimasak sebelumnya, maka suhu aman yang dianjurkan adalah 75 derajat celcius.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini