nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Kuliner Aceh Favorit Jokowi, dari Mi Kuah Daging hingga Kopi Susu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 19:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 19 298 2155129 daftar-kuliner-aceh-favorit-jokowi-dari-mi-kuah-daging-hingga-kopi-susu-LR8WPKAf1m.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Okezone/Arief)

BELUM lama ini Presiden Joko Widodo membagikan daftar menu makanan favorit di Aceh dengan tema '#JKWKULINER Makanan-Makanan di Aceh'. Di sini Jokowi mengedepankan makanan khas Aceh yang mungkin tak Anda temukan di tempat lain.

Dalam keterangan video, Jokowi menyatakan bahwa dirinya merasa belum puas keliling Aceh untuk menjajal kuliner yang ada di sana. Karena itu, ia berharap saat pergi ke Aceh, dirinya bisa menyeruput kopi Solong atau mengonsumsi bebek goreng dengan 'toping' nanas.

So, berikut daftar kuliner khas Aceh favorit Jokowi;

 dirinya bisa menyeruput kopi Solong atau mengonsumsi bebek goreng dengan 'toping' nanas.

Kopi Solong

Kedai kopi ini cukup populer di Aceh. Menurut Pemilik Kopi Solong Haji Nawawi, pada 1974, belum ada kedai kopi di Ulee Kareng, Banda Aceh dan ini yang membuat Kopi Solong jadi kedai kopi tertua. Menurut Jokowi, selain kopi hitam dan kopi susu, di sini juga Anda bisa menikmati kopi sanger dan kopi kocok telur.

Rumah Nasi Kambing Lem Bakrie

Baru berdiri 5 tahun lalu, rumah makan ini sudah menjadi salah satu rumah makan yang direkomendasikan Jokowi. Menurut Pemilik Lem Bakrie, Bakrie, rumah makannya buka hanya 5 jam saja yaitu dari pukul 11 siang hingga 4 sore.

Berlokasi di Jalan P. Nyak Makam, Lomteh, Ulee Kareng, Banda Aceh, menu yang direkomendasikan adalah ayam goreng panas, ayam tangkap, dan kari kambing.

View this post on Instagram

Jauh sebelum warung-warung kopi menjamur di kota-kota Nusantara, warga dan mereka yang datang ke Banda Aceh sudah akrab dengan Kopi Solong di Ulee Kareng. Selain kopi hitam dan kopi susu, warung ini juga menyajikan kopi sanger dan kopi kocok telur. Seperti apa rasanya? Bukan kopi saja. Di Banda Aceh ada banyak warung makan dengan sajian yang khas dan beragam. Saya pernah menikmati langsung enaknya kari kambing dan ayam goreng Rumah Makan Lem Bakrie sampai mie yang khas di Mie Razali. Saya masih akan ke Aceh mencobai aneka makanan dan minuman yang sudah lama saya dengar kabar kelezatannya. Seperti Kopi Solong tadi, dan mungkin ayam dan bebek Bu Si Itiek. Selengkapnya di https://youtu.be/L2XmE_Dd1UY

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Mie Razali

Melancong ke Aceh kurang lengkap rasanya kalau tidak makan Mie Aceh dan Jokowi merekomendasikan Mie Razali. Rumah makan ini berdiri sejak 1967 dan diterangkan Koki Mie Razali, Heri, buka pertama kali itu pakai gerobak di pinggir jalan. Makanan favorit Jokowi di sini adalah Mie Aceh Kuah Daging.

Bu Si Itek Bireuen

Menurut pemiliknya, Ustadz Heri, rumah makan ini sudah ada sejak 2002 saat dirinya belum lulus kuliah. Sekarang, rumah makan ini bisa menyediakan 1000 porsi saat malam hari, setiap hari. Menu andalan di sini bebek kari dengan 'toping' nanas, bukan kentang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini