nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkunjung ke 5 Kelenteng Bersejarah di Indonesia, Ada yang Diimpor Langsung dari China

Ummu Hani, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 14:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 19 406 2155034 berkunjung-ke-5-kelenteng-bersejarah-di-indonesia-ada-yang-diimpor-langsung-dari-china-XY4NesDuRc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INDONESIA memang memiliki berbagai macam suku, ras dan agama. Keberagaman tersebut membuat Indonesia dikenal dengan orang-orangnya yang ramah dan memiliki toleransi tinggi terhadap perbedaan.

Dengan keberagaman tersebut, tentunya banyak berbagai macam rumah ibadah. Salah satu rumah ibadah yang ada di Indonesia adalah kelenteng.

Kelenteng adalah sebutan rumah ibadah untuk masyarakat Indonesia penganut kepercayaan tradisional Tionghoa. Berkunjung ke kelenteng adalah salah satu cara untuk merayakannya. Berikut adalah beberapa kelenteng bersejarah di Indonesia yang Okezone rangkum dari berbagai media sosial.

Kelenteng Hok Lay Kiong

Kelenteng ini dipercaya dapat mendatangkan rezeki bagi siapa pun yang berkunjung.

Kelenteng yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 300 tahun ini terletak di Jalan Kenari, Bekasi. Hok Lay Kiong sendiri memiliki arti istana yang mendatangkan rezeki. Kelenteng ini dipercaya dapat mendatangkan rezeki bagi siapa pun yang berkunjung.

Kelenteng Boen Tek Bio

Boen Tek Bio diperkirakan berdiri sejak 1684 dan merupakan kelenteng tertua yang terletak di Tangerang.

Boen Tek Bio diperkirakan berdiri sejak 1684 dan merupakan kelenteng tertua yang terletak di Tangerang. Kelenteng ini menyimpan banyak benda antik di dalamnya yang didatangkan langsung dari Tiongkok.

Lonceng besar di depan kelenteng yang dibuat oleh perusahaan pengecoran Ban Coan Lou pada 1835, adalah salah satu barang antik di kelenteng tersebut.

Kelenteng Da Bo Gong

Karena itulah banyak peziarah yang datang ke kelenteng ini dari berbagai latar belakang kepercayaan.

Kelenteng Da Bo Gong, dikenal dengan Kelenteng Bahtera Bakti yang berdiri di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Kelenteng yang didedikasikan untuk Dewa Tanah Da Bo Gong ini, dikenal dengan ajaran praktik toleransi di Indonesia. Karena itulah banyak peziarah yang datang ke kelenteng ini dari berbagai latar belakang kepercayaan.

Kelenteng Kim Tek Ie

Kim Tek Ie merupakan salah satu dari empat kelenteng besar di bawah pengelolaan Kong Koan.

Kim Tek Ie atau Vihara Dharma Bakti ini adalah kelenteng tertua di Jakarta yang dibangun sejak 1650. Sejak Perang Dunia II, Kim Tek Ie merupakan salah satu dari empat kelenteng besar di bawah pengelolaan Kong Koan.

Kelenteng Shia Djin Kong

 Sebab itu hingga kini banyak peziarah yang datang ke kelenteng ini untuk pengobatan.

Diatara kelenteng lainnya, Shia Djin Kong bukanlah kelenteng tua yang berusia ratusan tahun. Kelenteng yang terletak di Jatinegara, Jakarta Timur ini baru berusia 70 tahun.

Kelenteng kecil ini dibangun oleh Thung Jih Wie, ia merupakan shinse yang memiliki praktek pengobatan khusus. Sebab itu hingga kini banyak peziarah yang datang ke kelenteng ini untuk pengobatan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini