nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gak Selalu Negatif, Ini Keunggulan Punya Anak Milenial di Tempat Kerja

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 18:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 19 612 2155090 gak-selalu-negatif-ini-keunggulan-punya-anak-milenial-di-tempat-kerja-VIePYH7HQv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANAK Milenial memang terkenal akan kebebasannya dalam berekspresi. Makanya, tidak heran kalau banyak milenial yang sudah bekerja tapi tidak pernah 'betah' berlama-lama alias kutu loncat.

Selain itu, anggapan negatif mengenai milenial adalah sulit untuk diatur. Mereka seperti memiliki pemikirannya sendiri dan ini kadang menentang peraturan yang ada di perusahaan.

Meski begitu, Psikolog Bella Ruthatiko, S.Psi, M.Psi, menjelaskan, jika bicara mengenai milenial di dunia pekerjaan, mereka tetap membawa dampak positif bagi perusahaan. Ya, tidak selamanya yang dilakukan milenial itu buruk.

Psikolog yang biasa disapa Ibel coba menuturkan tiga poin utama nilai positif yang dimiliki milenial di dunia kerja, apa saja? Berikut ulasannya khusus untuk Anda;

Ya, tidak selamanya yang dilakukan milenial itu buruk.

Pekerja keras

Ibel menjelaskan, milenial itu memiliki jiwa semangat yang sangat besar. Hal tersebut membuat mereka biasanya akan bekerja dengan keras untuk mencapai tujuannya di perusahaan tersebut.

"Milenial itu kebanyakan memiliki goals dalam hidupnya dan mereka akan mencapai tujuan tersebut dengan semangat yang mereka punya," tuturnya pada Okezone melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Meski berjiwa semangat tinggi, milenial itu lebih suka diatur. Sehingga, perusahaan mesti menyadari ini agar bakat dan potensi maksimal yang dimiliki milenial bisa tersalurkan dengan baik. Dengan adanya bimbingan, milenial juga merasa dihargai di perusahaan tersebut.

Jenjang karier yang bagus

Bekal semangat dan pekerja keras yang dimiliki milenial membuat mereka memiliki jenjang karier yang baik di perusahaan. Ini juga berkaitan dengan goals yang mereka tuju.

Beberapa milenial sangat memikirkan 3,5, hingga 10 tahun ke depan mereka mau jadi apa. "Nah, goals ini yang membuat mereka semangat bekerja dan karena itu jenjang karier mereka bagus," papar Ibel.

'Strategic planning' yang tepat juga membuat para milenial ini mampu bersaing di dunia kerja. Sekali lagi, ini karena mereka cenderung memiliki tujuan yang jelas dalam bekerja.

 Sekali lagi, ini karena mereka cenderung memiliki tujuan yang jelas dalam bekerja.

Suka bereksperimen

Jiwa bebas yang dimiliki milenial juga menuntun mereka untuk bersikap antipasif. Maksudnya, milenial tidak suka hal monoton dan ini yang membuat mereka suka belajar hal baru di kantor.

Dengan memelajari hal baru, bagi Ibel, milenial itu akan merasa lebih kaya ilmu dan ini baik untuk masa depan mereka. Makanya, jangan heran kalau milenial malah suka 'diperintah' terutama hal baru, karena disitulah nilai hidup yang mereka incar.

"Milenial itu suka ditantang dan ketika tantangan bisa dia lalui dengan baik, mereka merasa kemampuan diri mereka bertambah dan ini memberi keuntungan tersendiri bagi mereka di mata karyawan lain," ucap Ibel.

Bekerja bukan untuk diri sendiri

Hal positif yang dimiliki milenial adalah mereka bekerja bukan untuk diri mereka sendiri. Ya, kebanyakan dari mereka tidak pelit ilmu dan sangat terbuka untuk memberikan masukan dan ide baru.

"Ini juga menjadi nilai penting yang dimiliki milenial. Mereka suka memberikan masukan dan ide yang mereka sampaikan kerap di luar pemikiran. Sebab, ada semacam pandangan bahwa apa yang mereka berikan itu bukan untuk diri mereka sendiri, tapi juga untuk kemajuan perusahaan," tambah Ibel.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini