nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Video Diduga Boba Keluar dari Kantung Empedu Itu Hoax, Ini Penjelasan Dokter

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 16:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 20 481 2155512 video-diduga-boba-keluar-dari-kantung-empedu-itu-hoax-ini-penjelasan-dokter-18FDCYME5H.jpg Kantung empedu dan boba (Foto: Shutterstock)

MEDIA sosial dikejutkan dengan beredarnya video yang diduga pengeluaran boba dari organ tubuh manusia. Kondisi ini membuat sebagian orang merasa khawatir untuk mengonsumsi boba lagi.

Video tersebut dibagikan akun Instagram @justageneralsurgeon pada 1 Maret 2019 dan menjadi heboh belakangan ini. Padahal, dengan jelas di sana dijelaskan itu adalah batu empedu dan bukan boba.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH pun membantah itu bukanlah boba seperti yang dipikirkan orang-orang. Alasan dr Ari jelas, tidak ada boba yang bisa masuk ke dalam kantung empedu.

"Boba itu terbuat dari karbohidrat, sedangkan apa yang ada di dalam kantung empedu itu adalah kolesterol. Jadi, bisa dikatakan bahwa itu sudah pasti bukan boba dan bisa dibilang itu adalah informasi hoax," tegas dr Ari pada Okezone, Senin (20/1/2020).

Jika memang itu bukan boba, lantas itu apa?

 Empedu

Dokter Ari menyatakan bahwa itu kemungkinan adalah batu yang ada di kantung empedu. "Walau mirip dengan boba secara kasat mata, tapi itu bukan boba, itu batu empedu," katanya.

Batu ini bisa terbentuk karena tingginya kadar kolesterol dan bilirubin di dalam kantung empedu. Kondisi ini terjadi akibat cairan empedu tidak dapat melarutkan kelebihan kolesterol dan bilirubin yang dihasilkan hati, sehingga terjadi pengendapan di dalam kantung empedu.

Nah, berjalannya waktu, pendapat kolesterol dan bilirubin tersebut menjadi serpihan kristal yang kemudian membentuk batu empedu.

 boba

Dokter Ari pun menjelaskan, jika itu boba, dipastikan akan hancur setelah melewati proses pencernaan, sekali pun tidak dikunyah.

"Makanan yang Anda makan tidak dikunyah, misalnya sayur, ia akan keluar bersama feses, tapi bentuknya tidak utuh seperti saat Anda telan. Begitu juga dengan boba," papar dokter Ari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini