nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilah-Pilih Pembersih Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 15:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 20 611 2155434 pilah-pilih-pembersih-wajah-berdasarkan-jenis-kulit-Mf13o83Pu2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETELAH seharian beraktivitas, maka kita wanita dan pria wajib membersihkan kulit wajah, baik dari produk makeup maupun debu polusi.

Saat ini beragam jenis pembersih wajah bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Produk pembersih wajah terkini tak hanya berfungsi membersihkan tapi juga menutrisi kulit agar mampu menyiapkan kulit untuk menerima produk perawatan. Maka, membersihkan wajah itu harus jadi bagian dari rutinitas harian Anda, sama halnya dengan mandi.

Berdasarkan pengamatan Okezone, dan menurut berbagai sumber maka ada beberapa jenis pembersih wajah yang perlu Anda pahami:

Pembersih Berbahan Dasar Minyak

Pembersih wajah ini sangat tepat digunakan untuk mengangkat makeup bahkan makeup waterproof sekalipun. Makeup memiliki kandungan minyak di dalamnya. Inovasi terbaru, minyak perlu dihapus dengan minyak.

Pembersih jenis ini tidak akan mengakibatkan kulit kering, namun setelahnya perlu dibersihkan lagi dengan air hangat. Pembersih jenis ini juga kurang cocok untuk kulit berminyak.

Pembersih jenis ini tidak akan mengakibatkan kulit kering, namun setelahnya perlu dibersihkan lagi dengan air hangat.

Pembersih Berbahan Dasar Air

Kini di pasaran telah tersedia cleansing water dan micellar water. Cleansing water adalah air yang dimurnikan dan ditambah partikel pembersih untuk mengangkat kotoran. Micellar water merupakan air yang dimurnikan dengan kandungan partikel minyak berukuran sangat kecil, mampu mengangkat kotoran dan riasan yang sulit dihapus dengan cleansing water.

Keunggulan pembersih berbahan dasar air, tidak membuat minyak berlebih di wajah dan tidak perlu dibilas lagi dengan air. Kekurangannya, bila ingin menghapus makeup tebal, dibutuhkan penggunaan produk berkali-kali. Pembersih ini cocok untuk kulit berminyak

Milk Cleanser

Susu pembersih cocok digunakan untuk Anda yang berkulit sensitif. Walau bernama milk cleanser namun bahan dasar cairan ini bukanlah susu, meski ada yang menambahkan kandungan susu untuk nutrisi tambahan. Produk ini sebenarnya adalah emulsi natural dari air dan lembak. Milk cleanser lembut di kulit dan tidak mengangkat minyak alami kulit.

Cleansing Balm

Ini adalah pembersih berbahan dasar minyak yang dipadatkan, sering kali juga mengandung petroleum jelly. Berbentuk krim padat, namun berubah menjadi lotion (cair) saat bersentuhan dengan kulit.

Cleansing balm cocok untuk pembersih tahap pertama untuk menghapus makeup dan kotoran. Setelah itu, harus dibilas dengan air hangat dan sabun pembersih agar bersih maksimal. Karena harus melalui tahap pembersihan kedua, produk ini sering dianggap kurang praktis. Namun, selain bisa membersihkan sekaligus menutrisi kulit, produk ini pun banyak disukai.

Cleansing Wipes

Pembersih ini sangat praktis dibawa apalagi buat Anda yang sering traveling. Cleansing wipes bisa jadi solusi untuk dapatkan wajah bersih secara cepat.

Pembersih ini berupa lembaran tissue yang mengandung cairan pembersih wajah seperti micellar water atau pembersih berbahan dasar minyak. Setelah memakainya, Anda perlu membilas wajah dengan air. Pembersih ini sebaiknya hanya digunakan pada saat-saat “darurat” saja, jangan dipakai setiap hari.

i sebaiknya hanya digunakan pada saat-saat “darurat” saja, jangan dipakai setiap hari.

Cleansing Foam

Pada dasarnya, cleansing foam adalah sabun cuci wajah yang langsung membentuk busa saat botolnya ditekan. Cleansing foam kurang dapat membersihkan makeup apalagi yang waterproof. Pembersih ini dapat berfungsi maksimal sebagai tahap pembersihan kedua dengan pembersih berbahan dasar minyak.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini