nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Jembatan Gantung Putus, Simak Tips Aman Lakukan Selfie

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 13:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 21 406 2156001 viral-jembatan-gantung-putus-simak-tips-aman-lakukan-selfie-IICAlWlRgC.jpg Ilustrasi. (Foto: Makemytrip)

JEMBATAN gantung di Desa Manau Sembilan, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Bengkulu putus hingga memakan korban. Berkaca dari kejadian itu, wisatawan harus tahu tips aman saat melakukan selfie saat berkunjung ke jembatan gantung.

Dari musibah jembatan gantung putus itu memakan korban sebanyak 27 orang. Saksi mata menyebutkan, 17 orang berhasil selamat dalam insiden tersebut. Sementara empat orang meninggal dunia dan enam dinyatakan hilang.

selfie

Kabarnya jembatan gantung tersebut putus disebabkan oleh aktivitas warga yang berada di atas jembatan untuk berwisata, sekaligus nongkrong. Sebagian korban yang ada di atas jembatan, juga memanfaatkan waktu untuk melakukan selfie.

Diprediksi jembatan tersebut putus lantaran tak mampu menahan beban berat dari warga yang ada di atasnya. Insiden jembatan putus di Bengkulu ini, tentunya bisa menjadi pelajaran berharga bagi para masyarakat agar tidak melakukan selfie secara sembarangan.

Tentunya faktor keselamatan harus menjadi aspek penting, yang diutamakan ketika memutuskan untuk melakukan selfie. Apa saja yang harus diperhatikan saat berwisata ke jembatan gantung. Dirangkum Okezone dari Makemytrip, Selasa (21/1/2020), berikut daftar tips aman yang bisa Anda lakukan saat selfie.

1. Jika berkunjung ke tempat tertentu yang curam dan berisiko untuk terjatuh, pastikan Anda tidak bersandar pada bagian yang rentan runtuh atau rusak.

2. Seseorang juga harus berhati-hati, terutama saat selfie pada tempat yang banyak terdapat kabel listrik di sekitarnya.

3. Hindari selfie pada area yang banyak kendaraan bergerak cepat. Seperti jalan tol atau jalan raya besar.

4. Jangan selfie sambil berjalan, mengemudi atau bergerak. Hal ini bisa menyebabkan kecelakaan fatal yang sangat merugikan diri sendiri dan orang lain.

5. Hindari selfie ekstrem pada bangunan bertingkat tinggi, atap rumah atau jembatan.

6. Sebelum selfie, pastikan tempat yang dikunjungi aman dan Anda mendapatkan tempat dengan pijakan yang pas.

7. Jangan selfie menggunakan bahan atau benda berbahaya seperti bahan peledak, dan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini