Kenali Gejala Awal Pneumonia Wuhan yang Disebabkan Virus Korona Baru

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 481 2155918 kenali-gejala-awal-pneumonia-wuhan-yang-disebabkan-virus-korona-baru-9TYapQdWzb.jpg Kenali gejala awal pneumonia wuhan (Foto: IndianaExpress)

PNEUMONIA Wuhan yang disebabkan virus korona semakin mengkhawatirkan. Menurut beberapa laporan, Beijing dan Shanghai pun sudah terinfeksi wabah ini.

Perlu diwaspadai oleh kita semua penularan virus korona penyebab Pneumonia Wuhan ini. Ya, WHO menyatakan bahwa penyakit ini bisa menular dari manusia ke manusia dan karena itu kita semua harus menyikapi serius penyakit ini.

Lebih lanjut, Zhong Nanshan, seorang ilmuwan tekenal di Komisi Kesehatan Nasional yang membantu mengungkap wabah SARS di China memeringatkan pada semua masyarakat bahwa virus ini dapat menular dari manusia ke manusia.

Tercatat ada 15 pekerja medis yang merawat pasien Pneumonia Wuhan terinfeksi virus korona baru ini.

 Pneumonia

Karena hal ini WHO mengirim arahan pada rumah sakit di seluruh dunia untuk melakukan pencegahan dan pengendalian infeksi akibat virus korona ini. Beberapa bandara di sejumlah negara pun telah memperketat pemeriksaan kesehatan penumpang pesawat.

Terlepas dari ini semua, apa sebetulnya gejala yang dapat dikenali dari wabah Pneumonia Wuhan ini?

Mengacu pada diagnosa para pasien, dilansir dari NBC News, diketahui bahwa gejala awal masuknya virus korona ke dalam tubuh adalah muncul demam, batuk, disertai sesak di dada dan sulit bernapas dengan teratur.

Selanjutnya, dari laman berbeda, Channel New Asia, dijelaskan bahwa gejala Pneumonia Wuhan adalah demam, sulit bernapas, batuk, serta muncul infiltrat pneumonik di paru-paru atau vlek di paru-paru.

Virus ini ditemukan pertama kali di Pasar Seafood Huanan, Wuhan, China. Setelah itu, pasar tersebut disterilisasi dan ditutup dari berbagai aktivitas untuk meminimalisir penyebaran virus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini