nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Wabah Meluas, Petugas Medis Tiongkok Lakukan Scanning Virus Korona di Pesawat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 12:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 21 481 2155968 cegah-wabah-meluas-petugas-medis-tiongkok-lakukan-scanning-virus-korona-di-pesawat-L1pFxHXcNE.jpg Petugas scanning virus corona di pesawat (Foto : Businessinsider)

Wabah Pneumonia Wuhan perlu disikapi serius. WHO telah menyatakan bahwa penyakit yang diduga disebabkan virus korona baru ini dapat menular antar-manusia. 

Kasus di China sendiri, penyebaran Pneumonia Wuhan diduga akibat virus korona sudah sampai ke Beijing dan Shanghai. Pemerintah setempat pun terus melakukan upaya pencegahan agar virus tidak semakin meluas.

Nah, berkaitan dengan upaya identifikasi kasus, belum lama ini beredar video yang memperlihatkan sejumlah petugas medis mengenakan pakaian putih dengan penutup badan lengkap sedang memeriksa penumpang pesawat.

Virus Korona

Terlihat di sana petugas medis memeriksa satu per satu penumpang pesawat dengan alat yang diduga termometer digital. Alat tersebut diharapkan mampu mengetahui siapa siapa dari penumpang di peswat tersebut yang sedang demam.

Video ini dibagikan akun Twitter @davidpaulk dan sampai berita ini dimuat di Okezone, sudah ada 356,1 ribu netizen yang melihat video yang diduga 'screening' virus korona.

Di keterangan video, David menjelaskan bahwa penumpang di sana sedang diperiksa tubuhnya terkait gejala virus korona di dalam pesawat domestik dari Wuhan, China.

Sementara itu, laman Business Insider menerangkan bahwa video ini pernah beredar sebelumnya pada 12 Januari dengan keterangan video yang tak jauh berbeda yaitu petuga medis tengah mengecek temperatur tubuh penumpang di Air China Flight CA119 dari Wuhan ke Macau, sebelum 'take off'.

Perempuan yang menyebarkan video ini, yang diketahui bernama Cheng, menjelaskan, petuga medis mengecek suhu tubuh penumpang 10 menit sebelum pesawat 'take off' dan petugas medis memastikan semua sudah dicek dan tidak ada yang bermasalah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini