nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti Ungkap Cara Baru Cegah Menopause Dini

Mas Haidar, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 23:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 21 481 2156305 peneliti-ungkap-cara-baru-cegah-menopause-dini-k7rCc9aIWY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEJUMLAH peneliti terbaru mengemukakan bahwa kurangnya berhubungan intim dapat mempercepat menopause atau kondisi perempuan tidak bisa hamil lagi.

Dilansir dari Health, studi yang dipublikasikan di jurnal Royal Society Open Science tersebut meneliti data dari 3.000 perempuan di Amerika Serikat dan menunjukan hasil penelitian yang mengejutkan.

Perempuan yang sering berhubungan intim memiliki kemungkinan 28 persen lebih kecil mengalami menopause dini daripada mereka yang berhubungan intim kurang dari satu bulan sekali.

menopause dini daripada mereka yang berhubungan intim kurang dari satu bulan sekali.

Menopause adalah sebuah fase di mana berakhirnya siklus menstruasi secara alami, yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Seorang wanita dikatakan sudah menopause bila tidak mengalami menstruasi lagi, minimal 12 bulan.

Tidak hanya berhenti menstruasi, banyak perubahan lain terjadi dalam tubuh wanita yang menopause, mulai dari penampilan fisik, kondisi psikologis, hasrat seksual, hingga kesuburan. Wanita yang sudah menopause tidak bisa hamil lagi.

Selama masa transisi menopause (alias perimenopause), seorang wanita mungkin mengalami perubahan dalam menstruasinya, kemurungan, dan gejala lainnya, karena tubuhnya memproduksi lebih sedikit estrogen. Usia rata-rata seorang wanita mencapai menopause adalah 51.

Selain jarangnya berhubungan intim, ada faktor lain yang menyebabkan cepat atau lambatnya menopause pada seseorang, yaitu masalah hormon.

"Korelasi terbaik yang saya tahu adalah riwayat keluarga, jika ibu dan saudara perempuan mengalami menopause pada usia yang lebih tua dari rata-rata, Anda mungkin akan mengalami menopause pada usia yang lebih tua juga," kata Mary Jane Minkin, seorang profesor klinis ilmu kebidanan dan kandungan dan ilmu reproduksi di Universitas Yale.

berhubungan intim di usia 40-an dan 50-an akan mengalami menopause yang lebih lambat.

Ruth Mace, seorang profesor antropologi evolusi di Universitas College London, menunjukkan bukti bahwa berhubungan intim di usia 40-an dan 50-an akan mengalami menopause yang lebih lambat.

"Kami mengendalikan berbagai variabel, mengingat bahwa seks dapat mengubah kadar hormon, ada kemungkinan seks berakibat pada menopause seseorang," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini