nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebih Modis, Generasi Z Sudah Pakai Skincare Sejak 19 Tahun

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 16:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 21 611 2156166 lebih-modis-generasi-z-sudah-pakai-skincare-sejak-19-tahun-4OW1yvx6dx.jpg Ilustrasi. (Foto: Realyree)

SEBELUM usia 19 tahun, perempuan mulai sadar untuk merawat diri. Mereka pun peduli untuk memilih skincare yang cocok dipakai sesuai kebutuhannya.

Belum lagi, industri kecantikan di Indonesia semakin hari tambah maju dan canggih. Kemajuan ini juga sebagai salah satu dampak dari semakin sadarnya perempuan Indonesia, akan pentingnya merawat kecantikan kulit wajah dan tubuh, juga dalam memilih skincare.

Ada survei Zap Beauty Index 2019, yang dilakukan secara online di 35 kota, kepada 6.460 responden perempuan di Indonesia, sepanjang Juli-September 2019. Survei ini mencakup potret dari perilaku tiga generasi berbeda di dunia kecantikan, yakni Gen X (45-65 tahun), Gen Y (23-44 tahun), dan Gen Z (13-22 tahun) saat menggunakan skincare.

skincare

Hasilnya menunjukkan, sekira 45,4 persen perempuan di Indonesia sudah menggunakan skincare, sebelum usia 19 tahun. Dari data yang sama, menunjukkan hasil satu dari empat perempuan Indonesia telah melakukan perawatan di klinik kecantikan sebelum berusia 19 tahun.

Tak tanggung-tanggung, terutama untuk Gen Z, perempuan-perempuan di generasi ini, bahkan menggunakan hampir seluruh pendapatan mereka untuk perawatan kecantikan.

Berbeda dengan Gen Y, mereka hanya menggunakan 30 persen pendapatannya. Sementara Gen X justru kurang dari 5 persen menyisihkan pendapatannya untuk perawatan kecantikan. Baik itu membeli skincare atau melakukan perawatan kecantikan di klinik.

Dijelaskan oleh Chief Operation MarkPlus Institute Yosanova Safitri, hasil survei di atas menunjukkan pola kemampuan versus kemauan. Generasi yang mampu secara finansial, yakni generasi X dan Y malah cenderung tidak mau melakukan perawatan kecantikan. Kontras dengan generasi Z, yang secara finansial belum mampu, tapi malah lebih intens melakukan perawatan kecantikan.

“Kemampuan versus kemauan, yang belum mampu secara finansial yang sering perawatan ke klinik kecantikan dan belanja produk kecantikan. Sedangkan yang mampu, malah tidak mau,” ungkap Yosanofa dalam gelaran “Rediscovering The Indonesia Female from Generations: ZAP Beauty Index 2019” di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/1/2020).

Ditambahkan Yosanofa, kemauan tersebut juga tidak terlepas dari besarnya pengaruh sosial media. Sebab Gen Z adalah gen yang paling terpapar sosial media.

“Ini human versus technology, Gen Z adalah gen yang terpapar sosial media banget. Ketika membandingkan jadi lebih gampang, karena sering compare jadi belanjanya besar. Beda sama Gen X yang jarang belanja online, jadi jarang membandingkan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini