nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Definisi Cantik Tak Melulu Kulit Putih dan Bersinar Loh

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 21 611 2156240 definisi-cantik-tak-melulu-kulit-putih-dan-bersinar-loh-trUobRmYgc.jpg Ilustrasi. (Foto: Xonecole)

KULIT putih dan mulus selalu indentik dengan definisi cantik. Tapi kini mulai ada perbedaan definisi cantik di kalangan perempuan.

Jika dilihat dari hasil survei beauty ZAP Beauty Index 2019, terlihat terjadi perubahan definisi cantik. Di survei tahun 2019, disebutkan definisi cantik itu bukan lagi kulit putih.

Diketahui dari hasil survei di atas, sebanyak 82,5 persen perempuan Indonesia, kini menganggap bahwa memiliki kulit cerah dan bersinar adalah definisi cantik secara umum. Tapi secara medis, ada arti lain jika mengartikan kulit cantik.

cantik

Dijelaskan Head and Medical Training Zap Beauty dr Dara Ayuningtyas, ada tiga kriteria yang mencirikan kulit wajah bersinar. Misalnya dari segi warna atau skin tone, tekstur, dan kecerahan.

"Kulit bersinar itu kriterianya dilihat dari skin tone, kulit cantik dan cerah artinya enggak kemerahan atau inflamasi. Tekstur kulitnya halus, tidak ada jerawat tidak ada scar, pori-porinya kecil dan kencang. Terakhir brightness, itu lembut dan kenyal," jelas Dokter Dara saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (21/1/2020).

Perlu dipahami, kulit wajah bersinar itu bukan berarti tidak mempunyai pori-pori. Sebab, pori-pori itu tidak bisa dihilangkan dan hanya bisa diminimalkan. Pori-pori ini juga berfungsi sebagai alat pernapasan kulit.

Dokter Dara menambahkan, perawatan yang dipakai agar kulit wajah bisa bersinar, bukan hanya menggunakan produk skincare. Tapi juga bisa ditunjang dengan melakukan perawatan kecantikan modern.

“Hal-hal yang bisa dilakukan agar kulit bersinar, banyak perawatan kecantikan yang bisa dipilih. Mulai dari memakai krim wajah, microdermabrasion, chemical peeling, EPL, sampai laser. Sudah banyak perempuan Indonesia yang tahu kalau laser itu bagus. Laser ini penetrasinya sangat signifikan,” tutup Dokter Dara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini