Trik Bikin Taco Sushi Serenyah di Restoran, Mudah Kok

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 22 298 2156796 trik-bikin-taco-sushi-serenyah-di-restoran-mudah-kok-PKjrKJGMYt.jpg Taco Sushi. (Foto: Pradita/Okezone)

KALAU makan taco sushi pasti Anda berpikir untuk datang ke restoran saja. Padahal kalau mau buat sendiri di rumah dan rasanya seenak di restoran, bisa kok!

Menu taco sushi menjadi varian sushi baru, penggabungan antara sushi ala Jepang dan taco ala Meksiko. Hidangan ini mulai tren beberapa tahun belakangan.

tacho sushi

Dikatakan Assistant Kitchen Manajer Sushi Groove, Chef Asyrul, ada dua kunci yang harus diperhatikan saat membuat taco sushi di rumah. Kunci pertama ada pada adonan tempura untuk nori atau rumput laut.

“Pertama fokus pada adonan tempura, kalau terlalu kental jadi enggak crispy enggak kriuk gitu. Triknya, dibalur dulu sampai adonannya tiris, baru digoreng pakai cetakan bentuk U, dengan teknik deep fried pakai api kecil, sekira 300 derajat Celcius selama 10 hingga 15 menit,” ujar Chef Asyrul, saat dijumpai Rabu (22/1/2020) di Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Chef Asyrul menambahkan, konsistensi adonan nori tempura yang tepat adalah yang benar-benar encer, memakai rasio perbandingan 2:1 untuk air dan tepung. Misalnya 200 mililiter dengan tepung terigu protein rendah sebanyak 100 gram.

Air yang dipakai untuk membuat adonan tempura pun tidak sembarangan. Wajib untuk menggunakan air mineral dingin, bukan air es yang umum dipakai orang, namun air yang dingin karena dicampur bersama es batu.

tacho sushi

Air es batu bersuhu dingin ini gunanya membantu agar remah gorengan yang dihasilkan punya tekstur garing sempurna. Saat membuat nori tempura, air es batu ini juga harus digunakan bersama tepung terigu jenis protein rendah, yang memang tepat untuk membuat olahan makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

Kunci kedua, dipaparkan Chef Asyrul, perihal jenis nasi yang digunakan. Dalam membuat sushi, nasi sushi sebaiknya dicampur bersama vinegar (cuka asam).

“Beras yang dipakai beras Jepang yang biasa kita pakai. Tapi kalau enggak ada, ya pakai beras biasa juga boleh. Walau pakai nasi biasa agak beda rasanya,” tutup chef Asyrul.

Triknya, sambung dia, nasi sushi itu ciri khasnya pakai vinegar. Kenapa? Biar hasilnya tidak terburai dan fungsinya sebagai perekat nasi.

"Kalau enggak ada vinegar, pakai sari lemon juga bisa," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini