Begini Cara Seduh Teh agar Rasanya Makin Sedap

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 22 298 2156827 begini-cara-seduh-teh-agar-rasanya-makin-sedap-yjugRPX7w1.jpg Cara menyeduh teh biar rasanya makin nikmat (Foto: Sirjasonwinters)

MENIKMATI secangkir teh di pagi hari tentu bisa sangat menenangkan jiwa. Namun seringkali orang tidak paham dengan tata cara menyeduh teh yang baik dan benar.

The World Certified Tea Master, Sensei Suwarni Widjaja, mengatakan seseorang harus memperhatikan suhu saat menyeduh teh. Pasalnya suhu akan berpengaruh terhadap rasa dan kandungan yang ada di dalam teh tersebut.

“Untuk teh yang tidak melalui fermentasi seperti teh hijau dan teh kuning dapat diseduh dengan suhu 80 derajat celcius. Sementara teh yang melalui proses fermentasi seperti teh hitam bisa dengan suhu 100 derajat celcius,” terang Sensei Suwarni, saat ditemui Okezone di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

 Menyeduh teh

Lebih lanjut Sensei Suwarni mengatakan teh adalah salah satu minuman yang paling irit. Pasalnya minuman yang satu ini bisa diseduh berulang kali sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang.

“Kalau untuk individual cukup 3-5 gram teh bisa diseduh sampai 10 kali. Kalau ditotal bisa sampai 5 liter. Teh yang paling nikmat itu ada di seduhan keempat. Rasa aslinya benar-benar keluar,” lanjutnya.

 Menyeduh teh

Sensei Suwarni mengatakan seseorang juga wajib mempelajari waktu penyeduhan. Lamanya penyeduhan biasanya dihitung menggunakan detik untuk mendapatkan cita rasa yang ideal dari teh yang hendak dinikmati.

“Seduhan pertama, teh harus didiamkan selama 20 detik sebelum disajikan. Sementara seduhan kedua membutuhkan wakti 30 detik sebelum disajikan. Waktu akan terus meningkat 10 detik seiring banyaknya seduhan,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini