nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuwan Sebut Virus Korona Wuhan Jadi Momen Perubahan dalam Sejarah Wabah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 12:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 22 481 2156559 ilmuwan-sebut-virus-korona-wuhan-jadi-momen-perubahan-dalam-sejarah-wabah-OeO2WyOOwd.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WABAH Virus korona China kini menjadi perhatian seluruh dunia. Persebaran virus korona ini sudah mencapai Amerika Serikat. Ya, ditemukan seorang pria asal Seattle terinfeksi virus yang dikenal dengan nama 2019-nCoV.

Mengetahui ada satu warganya yang terinfeksi Virus korona China, Amerika Serikat langsung menetapkan peraturan bahwa penumpang dari Wuhan, China, hanya bisa mendarat di lima bandara yang ditetapkan federasi kesehatan Amerika. Lima bandara ini sudah menetapkan scanning ketat terkait virus baru tersebut.

Selain itu, ilmuwan Amerika Serikat pun mulai mengembangkan vaksin Virus korona China. Ya, The National Institutes of Health tengah mengembangkan vaksin ini dan dijelaskan peneliti bahwa vaksin baru bisa dimanfaatkan mungkin satu tahun ke depan.

dijelaskan peneliti bahwa vaksin baru bisa dimanfaatkan mungkin satu tahun ke depan.

Directur of National Institutes of Allergy and Infectious Diseases Dr Anthony Fauci menerangkan, virus baru ini memang tidak pernah ditemukan sebelumnya, oleh karena itu para ilmuwan menyatakan masih banyak pertanyaan yang perlu dicari tahu jawabannya.

"Ini adalah situasi yang akan terus berkembang dan sulit untuk memprediksi akhirnya akan seperti apa," kata Fauci.

Menurutnya, para ilmuwan masih dalam situasi 'tanda tanya', karenanya tetap menganggap kasus wabah ini sangat serius. Fauci melanjutkan, memang tidak semuanya serba tanda tanya.

Sebut saja asal virus. Virus korona China ini berasal dari hewan laut yang ada di salah satu pasar di Wuhan. Virus dari hewan tersebut menular ke manusia, sama seperti penyakit SARS yang pernah terjadi di China.

"Tidak jelas apakah hanya dari satu jenis hewan yang menularkan virus ke manusia atau mungkin saja bisa lebih dari satu jenis hewan," ungkap Fauci, seperti dilansir Okezone dari CNN.

sama seperti penyakit SARS yang pernah terjadi di China.

Perlu dicatat juga bahwa Virus korona China ini terbukti bisa ditularkan dari manusia ke manusia. "Tapi, lagi lagi sampai sekarang belum diketahui seberapa mudah penyebaran virus ini antar-manusia. Lalu, virus ini juga akan terus menerus menyebar? Kami belum yakin," tambahnya.

Sependapat dengan Fauci, Director of the Center for Infectious Disease Research and Policy di University of Minnesota Michael Osterholm pun menyatakan bahwa ilmuwan masih terus mencoba mencari jawaban dari kemungkinan pertanyaan yang muncul dari Virus korona China ini.

"Ini adalah salah satu momen perubahan dalam sejarah wabah di mana kami memiliki informasi yang cukup untuk menjadi perhatian, tetapi tidak cukup informasi untuk mengatakan ini akan menjadi krisis internasional," katanya.

Virus korona China yang sebelumnya dikaitkan dengan Pneumonia Misterius Wuhan pertama kali ditemukan pada akhir Desember dan sampai sekarang sudah menginfeksi lebih dari 200 orang menurut ilmuwan yang ditunjuk pemerintah China. Sebagian kasus ada di China, tetapi kini terus menyebar ke Thailand, Korea Selatan, Jepang bahkan Amerika Serikat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini