nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebaran Pneumonia Wuhan Makin Meluas, WHO Adakan Pertemuan Darurat

Rabu 22 Januari 2020 16:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 22 481 2156693 penyebaran-pneumonia-wuhan-makin-meluas-who-adakan-pertemuan-darurat-FEGBJ3Xp6q.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WHO mengadakan pertemuan darurat membahas bahaya penyebaran pneumonia Wuhan yang semakin meluas. Langkah ini dilakukan untuk menentukan apakah virus korona itu bisa dinyatakan sebagai Ancaman Darurat Kesehatan Publik.

Dilansir Okezone dari VOA, WHO mengatakan, pneumonia Wuhan itu kemungkinan akan meluas di China dan negara lain, dan mendesak negara-negara menjalankan usaha pencegahan lewat fasilitas-fasilitas kesehatan.

WHO mengukuhkan, pasien pneumonia Wuhan ada 278 penderita, termasuk 6 orang yang meninggal. Dua dari 6 orang itu terdapat di China dan empat lainnya di Thailand, Jepang dan Korea Selatan.

Sebuah tim pakar kini berada di Kota Wuhan, China, yang mana perebakan penyakit itu dimulai. Para pakar bekerja sama dengan pejabat kesehatan lokal untuk menemukan sumber penyakit radang pernapasan itu.

pneumonia

Para petugas bandara mengukur suhu tubuh pendatang dengan termometer elektronik di Bandara Internasional Tianhe Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, China Selatan, Selasa 21 Januari 2020.

Juru Bicara WHO Tarek Jasarevic mengatakan, tidak banyak yang diketahui tentang virus korona itu. Termasuk bagaimana virus itu menyebar dan tingkat kegawatannya.

"Berdasarkan pengalaman tentang penyakit radang pernapasan, khususnya perebakan yang disebabkan virus corona sebelum ini, dan data yang kami miliki, telah terjadi perebakan dari manusia ke manusia,” ujarnya.

Menurut Jasarevic, penyebaran antar-manusia tampaknya masih terbatas, kemudian hanya terjadi antara orang-orang yang dekat dengan penderita. Infeksi virus korona itu bisa mengakibatkan gejala ringan sampai berat, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini