nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkes Nyatakan Siap Hadapi Virus Korona Wuhan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 19:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 22 481 2156808 kemenkes-nyatakan-siap-hadapi-virus-korona-wuhan-nrCyqX9oV6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYEBARAN virus Korona Wuhan nampaknya semakin meluas. Tidak hanya dataran China, tapi Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Singapura, bahkan Amerika Serikat sudah tertular. Tercatat sudah ada 9 orang yang meninggal dunia.

Menyikapi hal ini, Kementerian Kesehatan RI menjelaskan bahwa Indonesia siap dengan Virus Korona Wuhan ini. Terlebih, menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI dr Weindra Waworuntu, M.Kes, virus ini belum menular antar-manusia.

"Rapat lintas sektor masih dilakukan untuk menentukan apakah virus ini masuk ke dalam public health emergency International concern atau tidak. Kemudian, di rapat itu juga akan diputuskan apakah memang virus ini bisa menyebar antar-manusia atau tidak," terangnya saat ditemui Okezone di Kantor Kemenkes Jakarta, Rabu (22/1/2020).

 virus ini belum menular antar-manusia.

Dr Weindra menerangkan, virus baru bisa dikatakan menyebar antar-manusia ketika area penyebaran virus tidak terkontaminasi dengan aspek lain. Jadi, harus dipastikan area penyebaran virus pertama kali di Wuhan itu tidak ada masyarakat lain selain masyarakat Wuhan.

"Kemenkes harus menerima pernyataan resmi WHO terkait apakah virus ini benar bisa menular antar-manusia atau tidak dan sampai sekarang kami masih menunggu," tegas dr Weindra.

Meski begitu, kewaspadaan perlu dilakukan untuk mengantisipasi penularan. Karena itu, dijelaskan Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan drg. Vensya Sitohang, M.Epid, ada beberapa kesiapan yang sudah dilakukan Indonesia.

"Kemenkes sudah menyiagakan dan menyediakan 100 rumah sakit rujukan untuk masalah infeksi serius yang sebelumnya menangani wabah flu burung," terang dr Vensya.

 kontak langsung dengan pengunjung dari China sudah disiapkan untuk menggunakan masker.

Ia berharap agar virus korona Wuhan ini tidak masuk ke Indonesia, terlebih pengawasan ketat sudah dilakukan di pintu masuk (bandara, pelabuhan, dan pintu lintas batas darat) yang memiliki rute langsung ke Tiongkok. Tidak hanya itu, petugas pintu masuk yang melakukan kontak langsung dengan pengunjung dari China sudah disiapkan untuk menggunakan masker.

Dokter Vensya menambahkan, kesiapan lainnya yang sudah dilakukan adalah Kemenkes telah menyediakan 12.322 masker N95, 35 ribu health alert card, dan 860 set alat pelindung diri yang disediakan di 19 pintu masuk negara yang memiliki rute langsung ke Tiongkok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini