nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Korona Menyebar Luas, Penerbangan Penumpang Indonesia ke Wuhan Tidak Dibatasi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 21:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 22 481 2156852 virus-korona-menyebar-luas-penerbangan-penumpang-indonesia-ke-wuhan-tidak-dibatasi-4XpB7JQ3jq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENERINTAH China menyatakan, virus korona bisa bermutasi dan menyebar luas. Sampai saat ini, ada 440 kasus virus korona dan menewaskan 9 orang.

Dilansir Okezone dari Independent, Wakil Direktur Komisi Kesehatan Nasional Li Bin menyatakan, virus korona bisa menular dari manusia ke manusia. Sampai-sampai, virus korona sudah menginfeksi pekerja medis.

wuhan

Karena virus korona mulai menyebar luas, Li Bin menyarankan orang-orang untuk tidak melakukan perjalanan ke Wuhan. Atau sebaliknya, penduduk Wuhan tidak bepergian ke luar negeri.

"Pada dasarnya, jangan pergi ke Wuhan dan orang-orang di Wuhan jangan meninggalkan kota," katanya kepada BBC.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menyatakan, meskipun ada larangan pergi ke Wuhan dari peraturan internasional, bukan berarti penerbangan menuju Wuhan ditutup.

Ditegaskan oleh Kepala KKP Kelas 1 Soekarno Hatta dr Anas Ma'ruf, pemerintah Indonesia tidak membatasi penerbangan ke Tiongkok. Baik itu untuk penumpang maupun barang.

"Kami tidak melakukan pembatasan perjalanan orang ke Tiongkok, karena bisnis dan ekonomi bisa berhenti. Tapi, ada upaya yang harus diperhatikan sebelum pergi dan ini untuk meminimalisir masalah," terang Dokter Anas saat ditemui di Gedung Kemenkes, kawasan Kuningan, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

Tapi sebaiknya, sambung dia, saat ini jangan mengunjungi tempat berkembangnya virus korona. Begitu juga saat Anda berada di China, usahakan untuk menghindari orang yang sakit, selalu hidup sehat dan bila sakit segera ke fasilitas kesehetan setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini