nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WHO Belum Tetapkan Virus Korona Wuhan Darurat Kesehatan Global

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 09:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 23 481 2156990 who-belum-tetapkan-virus-korona-wuhan-darurat-kesehatan-global-0RjIzwGmb5.jpg Ilustrasi deteksi virus korona Wuhan (Foto : Aljazeera)

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan virus korona Wuhan yang mengkhawatirkan seluruh dunia dinilai bukan masalah serius atau 'public health emergency'. Ketetapan ini dinilai sementara karena virus korona Wuhan merupakan kasus baru.

Diterangkan Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, kasus virus korona Wuhan adalah situasi yang terus berkembang dan kompleks. Karenanya, penetapannya akan terus berkembang sesuai dengan informasi baru yang diterima.

"Keputusannya, di satu sisi kami anggap ini masalah serius, tapi di sisi lain kami akan terus bersiap untuk pertimbangan selanjutnya yang lebih tepat seusai dengan bukti yang diterima," kata Dr. Tedros, seperti dikutip Okezone dari The Guardians.

Rapat darurat WHO akan dilakukan kembali hari ini, Kamis (23/1/2020), untuk mencari bukti baru dan menetapkan hasil kedaruratan selanjutnya.

Deteksi Virus Korona

Data terkini menjelaskan bahwa lebih dari 540 orang terinfeksi virus korona Wuhan dengan kondisi kesulitan bernapas dan 17 orang meninggal dunia karena masalah ini. Pihak berwenang China pun menerangkan bahwa dipastikan masih banyak pasien tak terdeteksi virus korona Wuhan.

Sementara itu, peneliti Inggris menggandakan estimasi orang yang terinfeksi wabah virus korona Wuhan dengan perkiraan jumlah pasien mencapai 4.000 orang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini