Ozzy Osbourne Didiagnosa Parkinson, Kenali Penyebabnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 481 2157018 ozzy-osbourne-didiagnosa-parkinson-kenali-penyebabnya-GEEKDcQN4h.jpg Ozzy Osbourne idap Parkinson (Foto : Digitalmusicnews)

Baru-baru ini Legenda Hidup Rock Dunia, Ozzy Osbourne didiganosis mengalami Parkinson. Meski belum diketahui secara pasti namun disinyalir penyakit Parkinson yang dialami oleh Ozzy disebabkan oleh kecelakaan yang ia alami tahun lalu. Pria berusia 71 tahun tersebut pernah terjatuh di kamar mandi hingga tubuhnya terbanting dengan keras.

Melansir dari NHS, Kamis (23/1/2020), Parkinson disebabkan oleh hilangnya sel-sel saraf pada bagian otak yang disebut substantia nigra. Sel saraf di bagian otak ini bertanggung jawab untuk memproduksi bahan kimia yang disebut dengan dopamin. Dopamin bertindak sebagai pembawa pesan antara bagian-bagian otak dan sistem saraf yang mengendalikan pergerakan tubuh.

Apabila sel saraf ini rusak atau menjadi mati, maka jumlah dopamin dalam otak bakal berkurang. Artinya bagian otak yang berfungsi untuk mengendalikan gerakan tidak dapat berfungsi dengan normal sehingga menyebabkan gerak menjadi lambat. Penyakit Parkinson baru mulai berkembang ketika 80 persen sel-sel saraf di substantia menghilang.

Ozzy Osbourne

Perubahan genetic dan faktor lingkungan memainkan peran akan terjadinya Parkinson. Penyakit ini dapat menular dalam keluarga sebagai akibat dari gen yang salah dan ditularkan kepada anak melalui orangtua. Selain itu faktor lingkungan seperti pestisida dan herbisida yang digunakan dalam pertanian dan lalu lintas dapat berkontribusi terhadap penyakit ini.

Selain dua faktor sebelumnya, pengaruh obat juga dapat menyebabkan Parkinson. Beberapa jenis obat antipsikotik bisa menimbulkan parkinsonisme yang biasanya akan membaik setelah konsumsi obat tersebut dihentikan. Kondisi otak progresif juga bisa memainkan peran terkena Parkinson. Palsi supranuklear progresif, atrofi dan degenerasi kortikobasal bisa menyebabkan Parkinson.

Penyakit Serebrovaskular juga bisa berdampak pada Parkinson di mana serangkaian stroke kecil dapat menyebabkan beberapa bagian dari otak menjadi mati.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini