Ozzy Osbourne Idap Parkinson, Tangan Tremor Salah Satu Gejalanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 481 2157223 ozzy-osborne-idap-parkinson-tangan-tremor-salah-satu-gejalanya-sFG6ogXSxQ.jpg Ozzy Osborne. (Foto: Instagram)

PENYAKIT parkinson yang dialami Legenda Musik Rock, Ozzy Osbourne, mengejutkan para penggemarnya. Penyakit yang dialami musisi 71 tahun itu, tanda-tandanya muncul usai mengalami kecelakaan tahun lalu.

Sebelumnya Ozzy Osbourne sempat mengalami flu berat yang disebabkan oleh penyakit paru-paru basah. Namun kejadian menjadi semakin memburuk, setelah ia terjatuh di kamar mandi, hingga tubuhnya terbanting dengan keras.

Tentunya penyakit parkinson yang dialami Ozzy Osbourne memikiki beberapa gejala yang bisa dideteksi sejak dini. Gejala tersebut terlihat dengan jelas pada fisik, yang bisa mengganggu aktivitas para penderitanya.

ozzy osborne

Dilansir Okezone dari Mayoclinic, Kamis (23/1/2020), gejala parkinson sering dimulai pada satu sisi tubuh dan biasanya akan semakin buruk pada sisi bagian tersebut. Bahkan, dalam beberapa kasus parkinson bisa memengaruhi seluruh bagian tubuh.

Adapun tanda dan gejala parkinson membuat tubuh pasien mengalami getaran atau guncangan. Ditandai dengan tangan atau jari yang mengalami tremor, meski tak beraktivitas.

Seiring waktu parkinson dapat memperlambat gerakan seseorang. Gejala ini akan membuat tugas-tugas yang tadinya mudah dikerjakan, menjadi sangat sulit dilakukan dan memakan waktu.

Langkah seseorang yang terkena parkinson juga menjadi lebih pendek saat berjalan. Adapula yang merasa sulit untuk bangun dari kursi. Jika sudah begini, Anda akan menyeret kaki saat mencoba berjalan.

Selain itu, kekakuan otot juga menjadi gejala lain yang ditimbulkan akibat parkinson. Kekakuan ini dapat terjadi di bagian manapun yang ada dari tubuh Anda. Otot-otot yang kaku bisa terasa sangat sakit dan membatasi rentang gerak seseorang. 

Kemudian, postur orang yang mengalami parkinson pun akan terganggu. Postur tubuh mereka akan menjadi bungkuk atau mengalami masalah keseimbangan, akibat penyakit ini. Sehingga Anda bisa kehilangan gerakan otomatis.

Penurunan kemampuan juga turut dirasakan para penderita Parkinson. Beberapa gerakan bawah sadar seperti mengedipkan mata, tersenyum atau mengayunkan lengan saat berjalan pun ikut menurun.

Indikator lainnya yang terlihat sangat jelas adalah cara berbicara berubah jauh. Saat berbicara seorang yang menderita parkinson, mungkin akan lebih monoton ketimbang orang normal. Ditambah lagi, penderita parkinson juga akan kesulitan dalam menulis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini