Napak Tilas Perawatan Kecantikan Spa, Ternyata Berasal dari Belgia?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 611 2157376 napak-tilas-perawatan-kecantikan-spa-ternyata-berasal-dari-belgia-f8QXq86G8v.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERAWATAN spa sebagai ritual kecantikan dan kebugaran, memang menjadi pilihan dari banyak perempuan di berbagai penjuru dunia. Selain karena bisa melepas stres, spa juga membuat kulit kincolng.

Meski setiap negara memiliki ramuan atau ritual perawatan kecantikan yang berbeda-beda. Tapi secara global, perawatan kecantikan ini akhirnya lebih dikenal dengan sebutan perawatan spa.

Saat ini, spa bisa dibilang sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Dipilih sebagai perawatan untuk merawat dan mempercantik diri atau sekedar relaksasi diri.

Tapi dari sekian banyak orang yang hobi melakukan perawatan spa, tahukah Anda sebetulnya tentang sejarah spa itu sendiri? Kata “Spa” sendiri berasal dari bahasa latin, yakni solus per aqua atau sante par aqua.

 Dipilih sebagai perawatan untuk merawat dan mempercantik diri atau sekedar relaksasi diri.

Kedua kalimat ini artinya, kegiatan yang berhubungan dengan air dan bisa diartikan juga sebagai terapi air. Spa dalam sejarahnya, juga kerap dihubungkan dengan nama salah satu kota di Belgia.

Kota bernama Spa tersebut diketahui ada di provinsi Liege. Pada zaman dahulu beberapa orang percaya bahwa kota Spa sering didatangi para tentara Roma yang ingin menyembuhkan luka di tubuh mereka akibat berperang.

Menariknya, kota Spa ini terkenal sebagai kota dengan sumber air mineral yang menyehatkan. Sebagai kota yang terkenal mempunyai sumber air mineral menyehatkan, kota Spa diketahui mempunyai beberapa sumber pemandian air panas terkenal yang menyehatkan.

Disebutkan lebih lanjut, dulu sekitar tahun 1936 silam ada seorang pandai besi dari Liège yang bernama Collin le Loup menemukan pemandian air panas di tengah kota Spa.

kota Spa diketahui mempunyai beberapa sumber pemandian air panas terkenal yang menyehatkan.

Ternyata, pemandian air panas itu memiliki air yang mengandung besi. Inilah yang menjadi cikal-bakal, bermunculannya banyak resort-resort kesehatan terkenal di kota tersebut.

Berkembang di Eropa, Roma dan Yunani. Ritual spa juga akhirnya meluas berkembang di Jepang dengan nama “Ryoken”, lalu juga di Turki dengan sebutan “Hammas”, hingga Finlandia dengan nama “Sauna”.

Seiring perkembangan zaman, jika dulu perawatan spa hanya bisa dilakoni oleh orang-orang dari kalangan kasta sosial tertentu, seperti kaum bangsawan. Kini, yang namanya perawatan spa sudah bisa dinikmati oleh siapa pun.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini