nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sebut Gong Xi Fa Cai saat Imlek, Ini 3 Ucapan yang Benar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 14:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 24 196 2157712 jangan-sebut-gong-xi-fa-cai-saat-imlek-ini-3-ucapan-yang-benar-JS7UUyF9EI.jpg Ucapan tahun baru Imlek (Foto: Littlepassport)

MENJELANG Imlek masyarakat pasti akan sangat familiar terhadap tulisan atau ucapan yang bertulis Gong Xi Fa Cai. Ya ucapan ini paling sering diucapkan oleh masyarakat untuk memberikan selamat kepada orang yang merayakan Imlek. Namun jika mau ditelusuri lebih lanjut, ucapan tersebut sama sekali tidak mengandung arti tahun baru.

Melansir dari Metro, Jumat (24/1/2020), mengucapkan Gong Xi Fa Cai sama sekali tidak ada hubungannya dengan Imlek. Ucapan tersebut justru memiliki arti lain yang berhubungan dengan harapan dan kemakmuran. Jadi bisa diartikan Gong Xi Fa Cai atau Kiong Hi Fa Cai memiliki makna ‘Selamat semoga kaya”.

Ucapan Gong Xi Fa Cai lebih cocok diucapkan bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Biasanya kata-kata ini digunakan oleh para pebisnis ketika hendak menyapa rekan kerja atau mitra bisnis selama Imlek.

 Imlek

Gong Hei Fat Choy adalah bahasa Kanton untuk mengucapkan frasa dan bahasa Mandarin atau China ucapan tersebut berubah menjadi Gong Xi Fa Cai (diucapkan Gong She Fa Tsai). Bahasa Kanton pada umumnya digunakan di Guangdong dan daerah sekitarnya termasuk Hong Kong. Namun di tempat lain seperti China daratan dan Taiwan bahasa Mandarin lebih familiar digunakan.

Setelah mengetahui makna asli Gong Xi Fa Cai yang selama ini banyak membuat keliru, maka sebagai gantinya Anda bisa menggunakan kalimat Xi Nian Kuai Le untuk mengucapkan Imlek kepada kerabat yang merayakan. Xi Nian memiliki arti tahun baru, sementara Kuai Le memiliki makna bahagia. Jika digabung artinya ‘Semoga Bahagia di Tahun yang Baru’.

Ucapan yang lebih formal dan sangat cocok diucapkan saat bertemu dengan orang asing adalah Xi Nian Hao. Xi Nian memiliki arti selamat tahun baru, sementara Hao artinya bagus. Xi Nian Hao memiliki makna ‘Semoga Menjadi Tahun Baru yang Baik’.

Jika Anda masih kurang cocok dengan dua ucapan tersebut, bisa menggunakan ucapan lain yakni Guo Nian Hao. Guo sendiri memiliki arti rejeki, Nian artinya tahun dan Hao artinya bagus. Guo Nian Hao memiliki makna ‘Selamat Tahun baru dan Mendapat Rejeki yang Bagus’.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini