nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Memilih Cat Desain Interior, Senada atau Beda Warna Setiap Ruangan?

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 24 196 2157970 memilih-cat-desain-interior-senada-atau-beda-warna-setiap-ruangan-sugomanqrt.jpg Desain interior (Foto: Brandondad)

DALAM desain interior di rumah, bukan hanya furniture yang jadi elemen penting. Warna cat yang dipilih sebagai ‘selimut’ di suatu ruangan juga tidak kalah pentingnya.

Pemilihan warna cat dalam desain interior di rumah, pada intinya adalah sesuatu yang sifatnya sangat personal. Terlebih lagi jika bicara soal tren, mengingat rumah atau hunian adalah tempat yang akan ditinggali dalam kurun waktu cukup lama. Maka, membuat rumah bisa menjadi lebih long lasting itu adalah hal yang penting.

Lalu, sebetulnya apa sih pakem yang bisa diterapkan untuk memilih warna cat berdasarkan ruangan-ruangan di rumah? Wajib berbeda-beda warnanya, atau tidak masalah jika hanya diberi satu warna seragam semuanya?

 Ruang tamu

Bertanya kepada desainer interior muda ternama, Hendro Hadinata, perihal pemilihan cat berdasarkan ruangan di rumah, Hendro mengungkapkan sejatinya pemilihan cat adalah hal yang begitu personal bagi setiap penghuni rumah.

Secara konsep desain interior, pengaplikasian cat sifatnya fleksibel. Bisa dijadikan satu dengan beberapa ruangan di rumah. Namun bisa juga dibedakan warnanya, jika ruangan yang ada memang dipisah dengan sekat.

“Balik lagi sih pemilihan cat ini personal tiap orang, ada yang ingin terlihat bersih ya pakai warna cerah dan menghindari sesuatu yang gelap, baik warna maupun teksturnya. Kalau punya rumah, ruang tamu, ruang makan, dapurnya jadi satu kesatuan ya cat nya jadi satu. Kalau terpisah, kayak ada sekat di antara ruangan bisa pakai warna yang berbeda,” tutur Hendro, saat dihubungi Okezone melalui sambungan telefon, belum lama ini.

Untuk pemilihan warna cat, jika tak mau pusing dan meminimalisir resiko salah ambience di suatu ruangan. Hendro membocorkan, sebetulnya kuncinya mudah saja, cukup berpegangan pada pedoman pembagian tone warna, hangat dan dingin.

Warna hangat untuk menciptakan ambience yang nyaman alias cozy yang cocok diaplikasikan pada ruang tamu dan kamar tidur. Sedangkan pemilihan warna tone dingin, untuk menciptakan aura dan suasana sejuk di ruangan.

 desain interior

“Warna hangat kayak beige, warna kayu itu mengesankan bikin lebih hangat dan cozy. Cold tone untuk bikin sejuk dan adem, contohnya abu-abu muda, hijau, bisa juga biru,”imbuhnya.

Pemilihan cat, diakui oleh Hendro bukan merupakan hal sederhana seperti yang dikira. Selain ambience yang ingin diciptakan, pemilihan cat juga harus memperhatikan kebutuhan masing-masing penghuni rumah.

Contohnya rumah pasangan suami-istri yang ingin settle, tentunya berbeda penerapannya dengan cat di rumah pasangan suami-istri yang memiliki anak kecil.

“Pasangan yang ingin settle, misalnya pilih warna yang adem ingin suasana lebih romantis. Beda lagi rumah dengan sudah ada anak, harus perhatikan kebutuhan anak. Pilih cat yang gampang dibersihkan kalau dinding digambar sama anak. Warnanya juga yang eye-catching dan berani, kayak oranye, tangerine yang bisa memicu semangat dan kreativitas anak,” tutup Hendro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini