nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayakan Imlek, Coba Sensasi Minum Teh Jeruk Hits di Tahun Tikus Logam

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 14:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 24 298 2157722 rayakan-imlek-coba-sensasi-minum-teh-jeruk-hits-di-tahun-tikus-logam-IuS1FyQ9O8.jpg Teh Phu Erl. (Foto: Leo/Okezone)

TRADISI minum teh memang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Tiongkok. Saat merayakan Imlek, tradisi ini pun masih dilakukan oleh sebagian kalangan. 

Bahkan orang Tiongkok kerap memanfaatkan teh sebagai pengganti air putih. Selain rasanya yang khas, minum teh juga memiliki efek menenangkan bagi tubuh.

The World Certified Tea Master, Sensei Suwarni Widjaja mengatakan, tradisi minum teh sudah sejak lama dilakukan oleh masyarakat Tionghoa. Teh yang dikonsumsi pun berbeda-beda setiap tahunnya, semuanya dicocokkan dengan musim jenis teh tersebut tumbuh.

teh phu erl

“Tehnya selalu berbeda-beda setiap tahun, disesuaikan dengan musim teh tersebut dipanen. Tapi untuk Tahun Tikus Logam, teh yang lagi banyak digunakan adalah jenis Phu Erl Jeruk,” terang Sensei Suwarni saat ditemui Okezone, belum lama ini.

Perempuan yang telah berkecimpung dalam dunia teh sejak 40 tahun lalu ini menjelaskan, teh Phu Erl Jeruk atau biasa disebut Citrus Phu Erl Excellent, pertama kali ditemukan pada 1847, tepatnya pada masa Dynasty Tao Kuang. Teh ini adalah salah satu hasil kreativitas nenek moyang secara turun-temurun.

Sesuai dengan namanya, Phu Erl Jeruk, teh ini menggunakan jeruk sebagai bahan bakunya. Sehingga menghasilkan cita rasa asam jeruk yang menyegarkan.

“Teh ini dimasukkan ke dalam kulit buah jeruk Xin Hui yang terkenal. Jeruk ini cuman ada di Guangzhou, China Selatan. Buah jeruknya itu rasanya enggak enak, sehingga buahnya dibuang, lalu diambil kulit luarnya untuk wadah teh Phu Erl,” lanjut Sensei Suwarni.

teh phu erl

Okezone pun mencoba sensasi minum teh Phu Erl yang dimasukkan ke kulit jeruk Xin Hui. Aroma harumnya khas dan berbeda dengan jeruk-jeruk lainnya.

Teh ini juga memberikan rasa unik. Tentunya penggunaan jeruk Xin Hui sebagai wadah teh Pu Erl, bisa menambah kenikmatan sekaligus sensasi lebih menyegarkan saat meminum teh.

“Kulit jeruk Xin Hui ini termasuk mahal, apalagi yang kualitasnya bagus," tambahnya.

Sensei Suwarni menjelaskan, minum teh Phu Erl Jeruk sangat bagus untuk mengobati sakit tenggorokan dan maag. Kulit jeruk ini sangat terkenal, tergolong obat herbal atau dipotong kecil-kecil sebagai bumbu masakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini