nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hidangan Kari 4 Negara dengan Cita Rasa Khas yang Menggoda Selera

Mas Haidar, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 16:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 24 298 2157833 hidangan-kari-4-negara-dengan-cita-rasa-khas-yang-menggoda-selera-y1wicoQq3Y.jpg Kari Maldives (Foto : CNN)

Hidangan kari merupakan salah satu olahan makanan yang sudah populer di Indonesia. Awalnya, hidangan lezat ini berasal dari Asia Selatan yang kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Karenanya, saat ini kari bertransformasi mengikuti cita rasa lokal dan sudah ada di seluruh penjuru dunia, mulai dari murgh makhani di India, hingga ayam tikka masala di Inggris.

Berikut hidangan kari dengan cita rasa khas masing-masing negara yang dilansir dari CNN, Jumat (24/1/2020) :

1. India

India menjadi surga bagi pecinta kari seluruh dunia, meskipun masakan India sangat beragam dan kompleks. Tapi ada satu hidangan yang dapat ditemukan di seluruh negeri, namanya adalah murgh makhani. Makanan ini sudah terkenal keseluruh dunia dengan nama lain ayam mentega.

Kari India

Hidangan terkenal ini diciptakan oleh koki dan pemilik restoran Kundan Lal Gujral di New Delhi pada tahun 1948. Murgh makhani memiliki ciri khas yaitu sebelum diolah, ayam harus disiram dengan yoghurt terlebih dahulu, setelah matang kemudian disiram dengan saus krim tomat, bawang, dan rempah-rempah yang kaya krim.

Jangan khawatir masih ada makanan bercita rasa kari, di antaranya adalah, rogan josh (kari aromatik yang biasanya dibuat dengan domba atau kambing yang dimasak lambat), kari ikan jhol maacher dari Benggala Barat dan rajma masala dari wilayah Punjab.

2. Britania Raya

Karena memiliki hubungan yang panjang dengan India, berbagai budaya masuk ke sini salah satunya adalah kari. Pertama kali makanan berbasis kari di sini diperkirakan muncul pada tahun 1810, Hindoostane Coffee House dibuka di kawasan London sehingga menjadi pioneer masakan kari di sini.

Kari Britania

Kari semakin mengukuhkan diri sebagai bagian dari tradisi makanan Inggris setelah kedatangan puluhan ribu imigran India pada awal abad ke-20 dan, kemudian, masuknya imigran Bangladesh pada tahun 1970-an - banyak dari mereka mendirikan restoran.

"Kari sangat populer di Inggris, orang Inggris sangat menyukainya - mereka menemukan tikka masala di sana, karena India telah menjadi bagian dari jiwa Inggris sejak lama," kata Colleen Sen, penulis buku Curry: A Global History.

3. Jepang

Selain ramen, kare raisu, menjadi makanan favorit di seluruh jepang dan bahkan dianggap sebagai hidangan nasional.

"Dalam sebuah survei, orang Jepang menyebut nasi kari sebagai salah satu dari tiga masakan rumahan favorit mereka, sementara anak sekolah Jepang memilihnya sebagai makanan terbaik yang disajikan dalam program makan siang," kata Colleen Sen, penulis buku Curry: A Global History.

Kari Jepang

Hal ini membuktikan bahwa kari bisa diterima lidah semua orang dengan modifikasi bumbu-bumbu daerah tersebut. Kari memiliki sejarah panjang di negara ini, yang diduga diperkenalkan oleh perwira dan pedagang Inggris pada tahun 1800-an. Kari berperan penting bagi Jepang saat perang.

"Militer Jepang ingin mendorong konsumsi daging sebagai cara membangun kekuatan pemuda Jepang, dan menyantap nasi dengan cara menggabungkan sayuran dan daging ke dalam satu makanan murah namun substansial," tutup Colleen.

4. Maladewa

Negara kecil yang terkenal dengan pantai indahnya ternyata memiliki harta karun lain, yaitu makanan. Makanan Maladewa sangat dipengaruhi oleh para pedagang India, Afrika, dan Timur Tengah pada abad pertengahan.

Kari Maldives

Jika Anda pecinta kari, mas riha (kari ikan) adalah salah satu jenis kari yang harus dicicipi. Hidangan lezat ini biasanya dibuat dengan santan, cabai segar, kayu manis, campuran rempah-rempah dan potongan tuna potong dadu, baru mendengarnya saja air liur sudah menetes. Selain mas riha ada juga anbu riha (kari tuna mangga) dan kukulhu riha (kari ayam), yang tak kalah enaknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini