nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Desain Dapur 2020, Fungsinya Bukan Sekadar Tempat Memasak

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 00:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 24 298 2157960 tren-desain-dapur-2020-fungsinya-bukan-sekadar-tempat-memasak-6HztenFIqG.jpg Tren desain dapur (Foto: Cooking)

Seperti halnya kamar tidur utama, atau ruang tamu, dapur juga jadi elemen yang begitu penting dalam satu hunian. Jangan salah! Desain dapur memberikan peranan begitu besar untuk keseluruhan konsep suatu hunian.

Faktanya, sekarang orang-orang semakin memperhatikan perihal desain dapur ketika membangun dan mendekor tempat memasak di rumah.

Semakin ke sini, tren dapur bisa dikatakan telah mengalami pergeseran imej. Jika dulu imej dapur di rumah itu hanyalah sebagai ruangan tempat untuk memasak. Sekarang, telah berkembang menjadi elemen yang lebih penting, dapur kini bisa dikatakan posisinya lebih central, seperti diungkapkan oleh desainer interior muda ternama, Hendro Hadinata.

 Tren dapur

Berkaca dari pengalamannya mendesain dapur dan juga mendesain produk, alumni Desain Produk Universitas Esa Unggul ini membaca untuk tren dapur di tahun 2020 ini berfokus di satu titik yakni akan lebih mengutamakan fungsi.

“Saya lihatnya ke depannya, tren dapur akan lebih mengutamakan fungsi. Dapur itu posisinya sekarang lebih central, aksen hunian dapur memang segitu semenariknya,” ujar Hendro kala dihubungi Okezone melalui sambungan telefon baru-baru ini.

Konsep desain dapur yang fungsinya berkembang bukan hanya sebagai tempat memasak, namun juga sebagai titik berkumpulnya keluarga penghuni rumah tersebut.

Dalam istilah desain interior sendiri, pria peraih penghargaan Bravacasa Design Challenge 2014 ini mengungkapkan istilahnya sekarang yang namanya dapur bisa dipisahkan sesuai fungsi. Dibagi menjadi dapur bersih dan dapur kotor, yang akhirnya menjadikan satu ruangan dapur menjadi multifungsi.

“Dipisahkan itu misalnya bagian depannya bisa untuk sarapan, nah seberangnya diperuntukkan untuk dining. Dapur kotor untuk masak makin hybrid, jadi multifungsi bukan hanya masak biasa tapi dibuat juga bisa untuk baking misalnya. Fungsi utamanya jadi tempat gathering keluarga,” imbuhnya.

Sementara itu, meskipun ruangan dapur di suatu hunian masih jadi wilayah teritori utama para istri. Tapi seiring perkembangan zaman, dengan semakin banyak pria yang hobi dan bisa memasak. Maka perpaduan gaya androgini, kombinasi antara konsep gaya feminin dan maskulin juga disebutkan Hendro menjadi tren yang seru untuk desain dapur di tahun 2020 ini.

 tren dapur

Tak hanya gaya androgini, penerapan konsep kombinasi klasik dan modern juga akan banyak terlihat di gaya desain dapur tahun 2020. Memadukan konsep kemasan rumah dan dapur yang klasik, namun diisi dengan hardware atau peralatan berteknologi tinggi.

Hendro menegaskan, dengan semakin banyaknya orang yang sadar betapa penting dan besarnya peran ruangan dapur pada tampilan rumah secara keseluruhan. Malah terkadang dapur menjadi aksen paling stand-out di dalam suatu rumah.

“Tetap lebih ke fungsi yang diutamakan, pergeseran lebih ke dapur itu bukan cuma tempat masak. Tapi jadi bagian, part of space yang mendukung keindahan rumah. Kadang-kadang dapur malah menjadi aksen yang paling menonjol. Jadi interior yang enggak bisa dipisahkan, inilah kenapa dapur harus keren dan kenapa harus berfungsi,” pungkas Hendro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini