nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Penularan Virus Korona di Pesawat, Apa yang Harus Dilakukan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 09:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 24 406 2157538 cegah-penularan-virus-korona-di-pesawat-apa-yang-harus-dilakukan-YahTE4m9yT.jpg Ilustrasi. (Foto: Readers Digest)

VIRUS korona yang mewabah di China semakin mengkhawatirkan. Beberapa negara mulai melakukan pengecekan kesehatan serius yang berasal dari China.

Hingga hari ini, tercatat ada 571 kasus dengan 17 orang meninggal dunia. Tingkat kematian penyakit akibat virus korona ini diprediksi sekira 3 persen.

Maka, kewaspadaan terhadap penularan virus korona harus dilakukan, demi meminimalisir risiko. Sebab banyak faktor risiko yang mungkin ada di lingkungan sekitar.

Salah satunya ketika Anda berada di pesawat, harus benar-benar melakukan pencegahan terhadap penyebaran penyakit. Dilansir dari USA Today, berikut cara-cara sederhana yang bisa dilakukan di dalam pesawat selama melakukan penerbangan.

penumpang

1. Rajin cuci tangan

Selalu pastikan tangan Anda bersih dengan mencuci tangan, selepas memegang barang apapun di bandara. Cuci tangan dengan menggunakan sabun, kurang lebih 20 detik. Setidaknya langkah ini mampu menjaga kebersihan diri Anda. Ingat, tangan yang kotor menjadi gerbang pertama masuknya virus.

2. Gunakan hand sanitizer

Saran lain yang mesti dilakukan adalah menggunakan hand sanitizer. Pemakaian hand sanitizer, setidaknya Anda tetap terjaga kebersihan tangan, jika sulit menemukan air.

3. Dilarang menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan kotor

Sekali lagi, tangan adalah pintu masuk pertama virus ke dalam tubuh. Dengan membiarkan tangan yang kotor menyentuh area sensitif tubuh, maka Anda meningkatkan risiko. Makanya, sangat disarankan jangan sentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan kotor.

4. Gunakan tisu untuk memegang pintu kamar kecil

Jangan abaikan pesan yang satu ini ya! Untuk menjaga kebersihan diri, tidak ada salahnya untuk memegang pintu kamar mandi dengan tisu. Langkah ini juga menjamin tangan Anda, agar tidak terkontaminasi virus atau bakteri jahat yang ada di sana.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini