nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Wabah Penyakit Mematikan di Dunia selain Virus Korona Wuhan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 10:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 24 481 2157558 4-wabah-penyakit-mematikan-di-dunia-selain-virus-korona-wuhan-tr0lCVmdEZ.jpg Ilustrasi. (Foto: NYTimes)

WABAH virus korona Wuhan terus meluas di beberapa negara. Bahkan tercatat 18 orang meninggal dunia dan 586 orang terinfeksi virus nCov.

Wabah virus korona tak hanya menjangkit Kota Wuhan, China. Negara lain seperti Vietnam, Thailand, Jepang, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Macau, Amerika Serikat, Inggris, hingga Arab Saudi terjangkit virus korona.

Oleh karenanya, kewaspadaan terhadap penyebaran virus korona ini harus ditingkatkan. Semua orang diharapkan untuk menjaga kebersihan tubuh dan jangan malas menggunakan masker.

Selain wabah virus korona, sejarah mencatat bahwa ada beberapa wabah mematikan yang pernah menghebohkan dunia. Wabah ini bahkan menelan korban hingga jutaan orang. Dilansir Okezone dari MPHOnline, berikut ulasannya khusus untuk Anda.

1. HIV/AIDS

ilustrasi

Wabah ini pertama kali diidentifikasi di Republik Demokratik Kongo pada 1976. Wabah HIV/AIDS benar-benar membuktikan dirinya sebagai pandemi global, menewaskan lebih dari 36 juta orang sejak 1981. Saat ini sekira 31 juta hingga 35 juta orang yang hidup dengan HIV. Sebagian besar dari mereka berada di Afrika Sub-Sahara, yang mana 5 persen dari populasi terinfeksi atau sekira 21 juta orang.

Ketika kesadaran telah tumbuh, perawatan baru telah dikembangkan. Hal ini membuat HIV jauh lebih mudah dikelola. Banyak dari pasien yang terinfeksi, bisa tetap menjalani kehidupan yang produktif. Pada 2005 hingga 2012, kematian global tahunan akibat HIV/AIDS turun dari 2,2 juta menjadi 1,6 juta.

2. Pandemik flu

Pandemik flu kategori 2 atau yang disebut sebagai Flu Hong Kong ini terjadi pada 1968. Penyakit ini disebabkan oleh strain H3N2 dari virus Influenza A, suatu cabang genetik dari subtipe H2N2.

Dari kasus pertama yang dilaporkan pada 13 Juli 1968 di Hong Kong, hanya butuh 17 hari sebelum wabah virus dilaporkan di Singapura dan Vietnam. Dalam tiga bulan selanjutnya, penyakit tersebut juga menyebar ke Filipina, India, Australia, Eropa dan Amerika Serikat.

Sementara pandemi 1968 memiliki tingkat kematian yang relatif rendah yakni 0,5 persen. Kondisi ini masih mengakibatkan kematian lebih dari satu juta orang, termasuk 500.000 penduduk Hong Kong atau sekira 15 persen dari populasi saat itu.

3. Flu Asia

Flu Asia adalah wabah pandemi Influenza A subtipe H2N2, yang berasal dari China. Wabah ini terjadi pada 1956 dan berlangsung hingga tahun 1958.

Dalam masa dua tahun, Flu Asia menyebar dari provinsi Guizhou, China, Singapura, Hong Kong dan Amerika Serikat. Perkiraan jumlah korban meninggal karena Flu Asia bervariasi, tergantung pada sumbernya. Tetapi WHO menempatkan penghitungan akhir sekitar 2 juta kematian, 69.800 di antaranya dari Amerika Seeikat saja.

4. Pandemi Kolera Ke-6

Seperti lima inkarnasi sebelumnya, Pandemi Kolera ke-6 berasal dari India. Wabah ini menewaskan lebih dari 800.000 jiwa, sebelum menyebar ke Timur Tengah, Afrika Utara, Eropa Timur, dan Rusia.

Pandemi Kolera ke-6 juga merupakan sumber wabah Kolera Amerika terakhir, yang terjadi pada 1910 hingga 1911. Otoritas kesehatan Amerika, setelah belajar dari masa lalu, dengan cepat berusaha mengisolasi yang terinfeksi. Pada akhirnya hanya 11 kematian terjadi di Amerika Serikat. Pada 1923, kasus kolera telah berkurang secara dramatis, meskipun masih konstan di India.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini