nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resep Bebek Peking untuk Rayakan Imlek, Wajib Disajikan Utuh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 08:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 25 298 2158097 resep-bebek-peking-untuk-rayakan-imlek-wajib-disajikan-utuh-FIDBRrcg7m.JPG Bebek Peking untuk Sajian Imlek (Foto: SCMP)

Selain ayam kodok, ada satu lagi olahan daging unggas yang hampir tidak pernah absen disajikan di Hari Raya Imlek, yakni bebek peking panggang.

Menurut kepercayaan Tionghoa, bebek peking lebih baik disajikan secara utuh tanpa dipotong dagingnya. Hal tersebut sengaja dilakukan mengingat bebek peking merupakan simbol kesetiaan.

Jadi bagi siapa saja yang menyantap hidangan ini, diharapkan memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia. Bagaimana, semakin tertarik membuat olahan bebek peking untuk keluarga di rumah? Yuk simak resep lengkapnya di bawah ini.

Bahan Bebek Peking :

1 ekor bebek

7 sdm madu

1 sdt garam

1 bh jahe kira-kira 3 cm, kupas lalu parut

1/4 liter air

3 sendok makan mentega

3 slice jeruk lemon

2 siung bawah puting

1 batang daun bawang

Bahan saus bebek peking :

6 sdm gula pasir

6 sdm kecap manis

1 sdt garam

125 ml air

2 1/2 sdm minyak wijen

Bahan nasi Hainan :

Air rendaman bebek

1 bh jahe (2cm)

1 sdt penyedap rasa

3 sendok mentega

250 gram beras

Cara Membuat :

Hilangkan bulu-bulu yang ada pada bebek hingga tak tersisa;

Panaskan air dan masukkan jeruk lemon. Setelah air mendidih, masukkan bebek ke dalamnya (sekitar 20 detik ) lalu angkat dan keringkan menggunakan tisu;

Oleskan bumbu rendaman pada bebek (air, madu, mentega dan jahe);

Masukkan ke freezer tunggu sekitar 7-8 jam. Setelah itu ambil bebek di freezer, lalu kukus untuk mengambil kaldunya sekitar 10 menit. Kemudian angkat dan panggang;

Membuat nasi Hainan: cuci beras lalu ambil kaldu hasil pengukusan bebek. Campurkan hasil pengukusan bebek dengan beras, tambahkan air secukupnya, masukkan penyedap rasa , jahe dan mentega. Lalu masak nasi seperti biasa;

Membuat saus bebek: masukkan minyak wijen, gula pasir, kecap, garam dan air, masak hingga mengental. Sajikan bebek peking dengan nasi hainan dan sausnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini