nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Air Rebusan Kayu Manis Dapat Menormalkan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes?

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 25 481 2158119 benarkah-air-rebusan-kayu-manis-dapat-menormalkan-kadar-gula-darah-pasien-diabetes-yfZZmrZ1Y3.jpg Ilustrasi. Foto: Lifehealth

SELAIN karena faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab utama munculnya penyakit diabetes. Contohnya, sering mengonsumsi makanan tinggi gula dan tinggi kalori serta jarang melakukan aktivitas fisik.

Pasien yang didiagnosis terkena diabetes harus rutin mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter untuk mengontrol kadar gula darahnya. Bahkan untuk tingkat diabetes yang sudah parah perlu memakai insulin.

Namun, tak semua pengidapnya mematuhi aturan diabetes. Tak sedikit yang lebih percaya dengan pengobatan alternatif atau mencoba mengobati diabetes berdasarkan informasi yang diterima di media sosial. Padahal sebenarnya bisa jadi informasi itu salah alias hoaks.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Ambil contoh di WhatsApp beredar pesan yang berantai jika minum air rebusan kayu manis dapat membantu menyembuhkan diabetes. Dikatakan dalam pesan berantai tersebut air rebusan kayu manis dapat menormalkan kadar gula darah.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Menurut spesialis endokrologi dan ahli molekular diabetes, dr Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, PhD, di dalam kayu manis memang terkandung bahan bernama cinnulin yang bisa membantu resistensi insulin.

“Beberapan penelitian mengatakan cinnulin ini bisa membantu mengatasi resistensi insulin. Tapi itu hanya berlaku dan bermanfaat pada pasien diabetes tahap awal,” ujar dr Dante.

Pada pasien diabetes tingkat lanjut, mengonsumsi air rebusan kayu manis tidak membantu menurunkan kadar gula darah. Mereka tetap harus rutin mengonsumsi obat-obat yang sudah diberikan oleh dokternya. Begitu juga dengan pasien diabetes tingkat awal. Meskipun air rebusan kayu manis bisa membantu, obat dari dokter tetap harus dikonsumsi.

“Tidak dianjurkan menggunakan air rebusan kayu manis ini sebagai obat tunggal tanpa menggunakan obat-obat yang sudah paten. Obat dari dokter tetap harus diminum,” pungkas dr Dante.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini