nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui ketika Hendak Membuat Kolam Ikan di Rumah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 25 612 2158171 ini-5-hal-yang-perlu-diketahui-ketika-hendak-membuat-kolam-ikan-di-rumah-FvkEjf9pzC.jpg Ilustrasi. Foto: Goodesigninterior

MEMILIKI kolam ikan pribadi di dalam hunian tentu menjadi impian sebagian orang. Namun seseorang harus terlebih dahulu memperhitungkan masak-masak serta memperhatikan segala risikonya sebelum membuat kolam ikan. Jangan sampai keputusan membuat kolam ikan di dalam rumah justru menimbulkan masalah.

Lalu apa saja yang perlu diketahui ketika hendak membuat kolam ikan di rumah. Dilanir dari laman Atlantis Water Gardens, berikut ulasannya.

1.Hewan peliharaan akan memakan ikan Anda.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Sebelum membuat kolam ikan di dalam rumah, pastikan terlebih dahulu Anda tidak memelihara hewan peliharaan yang sifatnya predator seperti kucing, musang atau hewan peliharaan lainnya. Hewan peliharaan tersebut tak segan untuk masuk ke dalam air dan menyerang ikan peliharaan.

2.Lampu UV untuk menjaga air tetap jernih.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Salah satu cara untuk menjaga air kolam supaya tetap jernih adalah dengan menggunakan lampu ultraviolet (UV). Lampu ini mampu menjaga air kolam ikan Anda tetap jernih.

3. Memasukan kerikil dan batu akan membuat kolam sulit dibersihkan

Membersihkan kolam memang harus dilakukan secara berkala. Namun jika Anda memasukkan batu dan kerikil ke dalamnya, maka kolam akan menjadi sulit untuk dibersihkan. Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra saat membersihkannya.

4.Ikan Koi tak bisa disimpan dalam kolam bertanaman.

Membuat kolam ikan menyerupai ekosistem aslinya tentu sangat menarik untuk dilakukan. Akan tetapi perlu diingat apabila Anda ingin memelihara ikan koi, maka kolam tersebut tidak bisa disatukan bersamaan dengan tanaman air.

5.Kolam sebaiknya dibuat sedalam 60 centimeter

Sebagian besar orang akan memelihara ikan koi pada kolam di dalam rumahnya. Disarankan untuk membuat kolam dengan kedalaman 60 sentimeter atau sekira dua kaki agar ikan koi yang Anda pelihara dapat bergerak bebas sehingga hewat tersebut sehat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini