nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanggal 25 Januari Diusulkan Jadi Hari Chef Nasional, Ini Alasannya

Hambali, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 20:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 26 298 2158624 tanggal-25-januari-diusulkan-jadi-hari-chef-nasional-ini-alasannya-GK3qN0OVEk.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HARI Imlek yang dilangsungkan pada 25 Januari kemarin memang penuh dengan kemeriahan. Salah satu yang menjadi ciri khas imlek, adalah hidangnya.

Nah, berbicara tentangan hidangan imlek, tentu tidak lepas dari peran para chef. Oleh karena itu, sekira 4.000 chef dari berbagai wilayah di tanah air mengusulkan, agar tanggal 25 Januari ditetapkan sebagai Hari Chef Nasional. Para chef yang tergabung dalam Indonesian Chef Association (ICA) itu beralasan, tanggal 25 memilki makna historis tersendiri.

Menurut Presiden ICA, Henry Alexie Bloem, tanggal 25 Januari tahun 2007 merupakan pertama kalinya dibentuk ICA. Pada saat itu, ratusan chef dari berbagai asosiasi sepakat bersinergi sekaligus meleburkan diri ke dalam ICA.

ratusan chef dari berbagai asosiasi sepakat bersinergi sekaligus meleburkan diri ke dalam ICA.

"Tujuan bersatunya para chef ini adalah untuk memerjuangkan harkat dan pengakuan atas profesi chef indonesia, sehingga sejajar dengan chef-chef Luar negeri. Sekaligus juga bersama memperjuangkan pelestarian kuliner indonesia," katanya kepada Okezone.

Menurut Henrie, usia ICA yang genap 13 tahun ini telah melahirkan banyak chef-chef Indonesia yang dikenal luas masyarakat. Bahkan, berbagai program kuliner di media massa hingga kanal youtube tak ada habisnya memertontonkan kepiawaian para chef itu.

"Komitmen untuk memersatukan para chef yang berasal dari daerah dan asosiasi yang berbeda-beda ini sangat lah tidak mudah. Tapi kami berhasil mewujudkannya," jelasnya.

Dikatakan dia, para chef tanah air saat ini sudah mampu bersaing dan sejajar dengan chef-chef ekspatriat baik di Indonesia sendiri maupun di luar negeri. Tercatat kini, perayaan hari lahir ICA yg ke 13 dan peringatan Hari Chef Nasional Indonesia ini dirayakan serentak oleh 22 BPD di tingkat provinsi, 34 BPC tingkat kota.

"Mengadakan coaching clinic ke mahasiswa dan pelajar, bakti sosial ke panti asuhan dan korban banjir, serta lomba memasak masakan Indonesia. Bersamaan itu juga, maka para chef mengusulkan kepada pemerintah untuk memasukan hari chef nasional pada tanggal 25 Januari dalam lembaran negara," ucapnya.

pemerintah untuk memasukan hari chef nasional pada tanggal 25 Januari dalam lembaran negara,

Perayaan HUT ICA ini juga berlangsung di Bali. Para chef yang ada di sana menggelar bakti sosial di panti asuhan. Sementara itu provinsi Banten merayakan hari lahir ICA bersama anggota dari BPD Banten di SMK N 3 Tangerang Kota. Hadir pula celebrity chef Yongki Gunawan, dan The Kung Fu chef Mutho beserta chef-chef profesional Banten.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini