nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perayaan Imlek di Vihara Dharma Bhakti Jadi Ajang Anak Muda Berburu Konten Instagram

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 10:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 26 406 2158417 perayaan-imlek-di-vihara-dharma-bhakti-jadi-ajang-anak-muda-berburu-konten-instagram-WZStjnn9F5.jpg Perayaan Imlek. (Foto: Okezone)

PERAYAAN Tahun Baru Imlek 2571 di Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, berlangsung sangat meriah. Ratusan masyarakat Tionghoa terlihat sangat khidmat saat melakukan sembahyang pergantian tahun.

Menariknya, perayaan Imlek tahun ini juga menarik perhatian sejumlah kalangan yang penasaran dan ingin melihat langsung prosesi sembahyang dan tradisi yang dilakukan oleh para umat di momen spesial tersebut.

Puluhan anak muda pun memadati area kelenteng, lengkap dengan kamera digital dan smartphone di genggamannya. Mereka terlihat gesit mengabadikan setiap momen unik, meski tak jarang menghalangi para umat yang hendak melintas.

meski tak jarang menghalangi para umat yang hendak melintas.

Bahkan, beberapa di antara mereka ada yang sampai nekat mengambil foto dengan jarak yang sangat dekat, dari posisi sembahyang para umat.

Saat momen pelepasan burung pipit dilakukan, mereka pun dengan sigap mengambil posisi untuk mengabadikan tradisi yang telah dilakukan turun temurun oleh masyarakat Tionghoa itu.

Terkait hal ini, Okezone pun tergelitik mewawancarai salah seorang pengunjung bernama Subur, yang kebetulan datang bersama komunitas fotografinya.

"Saya tadi datang bersama teman-teman dari Panorama Indonesia. Kurang lebih jumlahnya 50 orang, tapi tersebar di beberapa titik. Kami datang memang untuk berburu foto, karena Imlek itu salah satu momen terbesar di dunia," terang Subur di halaman Vihara Dharma Bhakti.

mengabadikan secara langsung prosesi sembahyang yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa.

Subur pun tidak memungkiri bahwa ia dan teman-temannya datang ke vihara ini, karena ingin melihat dan mengabadikan secara langsung prosesi sembahyang yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa.

"Arsitektur dan cara mereka sembahyangnya itu yang ingin saya abadikan. Tapi karena keterbatasan waktu, saya tidak sempat untuk menggali informasi tentang tradisi-tradisi yang dilakukan saat Imlek," timpalnya.

Selain Subur, sejumlah wisatawan lokal maupun turis asing juga turut memadati Vihara Dharma Bhakti untuk sekadar merasakan suasana Imlek dan berswafoto bersama teman-temannya. Bahkan, ada yang sengaja datang langsung dari Bandung, Jawa Barat.

"Kami berempat dari Bandung memang sudah berencana datang ke sini pas perayaan Imlek. Tujuan kami ya ingin ikut merasakan suasananya dan nambah-nambah konten di Instagram," kata Yanti.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini