nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Barongsai Goyang Ramaikan Perayaan Imlek di Petak Sembilan, Bikin Gemas Deh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 11:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 26 406 2158431 barongsai-goyang-ramaikan-perayaan-imlek-di-petak-sembilan-bikin-gemas-deh-l3WuG61Our.jpg Perayaan Imlek. (Foto: IBtimes)

HARI Raya Imlek biasanya identik dengan pertunjukkan barongsai yang dipercaya dapat menolak bala. Menariknya, di Vihara Dharma Bhakti, ada atraksi barongsai yang terbilang unik dan tidak biasa yakni, boneka barongsai goyang.

Sesuai dengan namanya, boneka barongsai goyang ini sebetulnya merupakan pernak-pernik berbentuk replika barongsai mungil dan berwarna-warni. Para pedagang sengaja menjajakan boneka ini untuk memeriahkan suasana Imlek sekaligus dijadikan sebagai suvenir.

Peluang bisnis ini memang banyak dimanfaatkan para pedagang lokal, mengingat banyak wisatawan yang sengaja datang ke Vihara Dharma Bhakti di Hari Raya Imlek.

 limbah atau sisa-sisa boneka berupa bulu-bulu dan plastik.

Menurut penuturan Roni, salah seorang penjual barongsai goyang, modal untuk membuat boneka barongsai goyang tersebut terbilang terjangkau karena terbuat dari limbah atau sisa-sisa boneka berupa bulu-bulu dan plastik.

"Harganya ada Rp15 ribu dan Rp20 ribu. Kalau Rp20 ribu ada lampunya," ujar Roni saat ditemui Okezone di kawasan Petak Sembilan.

Roni menambahkan, setiap hari dia memang berprofesi sebagai pedagang boneka. Namun saat Hari Raya Imlek tiba, dia mengganti jualannya dengan boneka barongsai goyang.

Di momen ini, dia bisa menjual sekitar tiga kodi atau 60 boneka hanya dalam kurun waktu dua hari saja."Keuntungan per boneka Rp7 ribu. Selama Imlek total keuntungan bisa Rp400 ribu," tambahnya.

barongsai goyang dengan kemasannya yang penuh warna, sehingga terlihat sangat unik.

Salah satu pembeli, bernama Bobby mengaku tertarik membeli boneka barongsai goyang ini, meski dia sendiri tak merayakan Imlek. Bobby mengaku senang melihat bentuk barongsai goyang dengan kemasannya yang penuh warna, sehingga terlihat sangat unik.

"Bentuknya unik terus bisa goyang. Lucu saja ngeliatnya. Paling nanti saya kasih buat keponakan di rumah. Apalagi matanya bisa bersinar," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini