nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah 4 Korban, Malaysia Belum Mau Larang Wisatawan China Masuk

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 12:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 26 406 2158452 sudah-4-korban-malaysia-belum-mau-larang-wisatawan-china-masuk-9jsAdlEzqA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KORBAN virus korona Wuhan di Malaysia kembali bertambah menjadi empat orang. Tiga warga negara China pertama yang memasuki Malaysia melalui Johor Baru, saat ini dirawat di Singapura karena virus yang sama.

Meskipun penyakit ini menyebar secara global, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan bahwa pemerintah tidak berencana untuk melarang turis China memasuki negara itu.

"Kami tidak akan memblokir (wisatawan China) tetapi kami akan memeriksa mereka, kami akan memastikannya," katanya seperti dilansir dari straitstimes.

Dokter dan perawat akan memakai peralatan perlindungan pribadi untuk memastikan keamanan.

"Kami dapat mendeteksi tahap awal (virus), bahkan jika tidak ada peningkatan suhu mereka, tetapi ada bukti bahwa mereka menderita virus ini," tambah dia.

Malaysia pun telah menunjuk beberapa rumah sakit nasional untuk menangani kasus-kasus seperti itu, dan menyiapkan ruang isolasi. Dokter dan perawat akan memakai peralatan perlindungan pribadi untuk memastikan keamanan.

“Kami akan mengintensifkan tingkat kesiap-siagaan kami, kami dalam siaga tinggi,” tutur politisi Datuk Seri Dr. Dzulkefly bin Ahmad.

Kementerian Keuangan Malaysia, bahkan menjanjikan dana tambahan jika terjadi wabah. Mereka pun mendesak warga Malaysia untuk menghindari bepergian ke China, dan menyarankan masyarakat untuk menjaga kebersihan pribadi, menghindari daerah ramai, peternakan, pasar hewan hidup, rumah jagal dan makan daging mentah.

Malaysia mengatakan dalam sebuah pernyataan hari ini bahwa mereka bekerja sama dengan kementerian, untuk menyaring penumpang internasional di bandara, termasuk melakukan termal dan mengalokasikan teluk medis khusus untuk tujuan karantina.

termasuk melakukan termal dan mengalokasikan teluk medis khusus untuk tujuan karantina.

Ini merupakan kasus keempat di Malaysia. Pria itu menderita demam pada hari berikutnya dan mencari perawatan di sebuah rumah sakit di Johor. Tes oleh Pusat Kesiapan dan Respons Krisis Malaysia mengonfirmasi bahwa ia menderita virus corona.

Tiga pasien sebelumnya telah dipindahkan ke Rumah Sakit Sungai Buloh di Selangor, dan dirawat di bangsal isolasi. Ketiganya dalam kondisi stabil, dan menunjukkan gejala ringan seperti batuk kering.

Ibu anak laki-laki itu, yang dites negatif untuk virus itu, tinggal di rumah sakit untuk merawat mereka. Para pasien dilaporkan naik pesawat dari Guangzhou ke Singapura pada 20 Januari.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini