nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Barongsai Menyelam dalam Air Rayakan Imlek, Usir Setan atau Ikan?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 16:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 26 406 2158562 aksi-barongsai-menyelam-dalam-air-rayakan-imlek-usir-setan-atau-ikan-FryEYkn9cl.jpg Barongsai Underwater. (Foto: Okezone)

TAHUN baru Imlek selalu identik dengan Barongsai. Berbeda dengan biasanya, pada Imlek kali ini masyarakat Jakarta bisa menyaksikan Barongsai yang beraksi dalam akuarium raksasa berisi ikan-ikan besar di Seaworld Ancol, Jakarta Utara.

Dalam tradisi masyarakat Tionghoa, Barongsai adalah seekor macan. Mereka memiliki kemampuan untuk mengusir Nian (monster) yang mengganggu penduduk desa. Alhasil saat Imlek Barongsai selalu muncul dalam upaya mengusir roh-roh jahat di tahun yang baru.

Dalam acara Barongsai Underwater, para pengunjung akan diajak untuk menyaksikan sepenggalan kisah menarik tentang kepercayaan masyarakat Tionghoa. Dikisahkan, seorang dewa memanggil dua ekor Barongsai dan seekor naga (liong) untuk mengusir roh-roh jahat.

seorang dewa memanggil dua ekor Barongsai dan seekor naga (liong) untuk mengusir roh-roh jahat.

Tak lama kemudian para penyelam yang menggunakan atribut Barongsai pun mulai melakukan aksinya dalam panggung mini yang sudah disediakan di dalam akuarium. Beberapa menit kemudian liong pun mulai keluar dan berlenggak-lenggok dalam air.

Tak hanya Barongsai Underwater, dua Barongsai berwarna merah dan kuning pun turut beratraksi tepat di hadapan para pengunjung.

Para pengunjung bisa ikut memeriahkan acara dengan memasukkan angpau ke dalam mulut Barongsai, atau hanya sekadar berfoto bersama.

Sesudah dimanjakan dengan aksi Barongsai Underwater, para pengunjung juga bisa melihat para penyelam memberi makan ikan-ikan besar dalam kolam utama. Dalam acara ini, dua orang penyelam membawa ember berisi ikan selar, ikan kembung, ikan tongkol dan udang dengan berat 25 kilogram.

membawa ember berisi ikan selar, ikan kembung, ikan tongkol dan udang dengan berat 25 kilogram.

Barongsai Underwater diselenggarakan mulai 25 Januari - 9 Februari 2020. Barongsai Underwater diadakan dua kali sehari setiap sabtu dan minggu dengan durasi sekira 30-40 menit mulai pukul 11.00 WIB dan 13.45 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini