nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Cara Buat Rumah Ramah Lingkungan, Yuk Mulai Cintai Bumi

Adityo Bagas, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 13:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 26 612 2158471 3-cara-buat-rumah-ramah-lingkungan-yuk-mulai-cintai-bumi-CEMmsrFUXK.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MUNGKIN banyak di antara kita yang ingin sekali memiliki rumah asri dan bersih. Rumah yang bersih dan rapi akan terlihat baik serta nyaman bagi kita untuk menempatinya.

Selain itu, rumah yang ramah lingkungan juga dapat membuat rumah yang selalu menyimpan akan energi untuk membuat lingkungan yang asri.

Menjadi pribadi yang ramah lingkungan bukan hanya membantu berkontribusi pada lingkungan secara berkelanjutan, tetapi menjadi ramah lingkungan juga bisa membantu Anda untuk menghemat ekonomi Anda.

Nah, berikut tiga cara yang dapat Anda lakukan agar rumah Anda terlihat ramah lingkungan, seperti dilansir dari blueandgreentomorrow, Minggu (26/01/2020).

Anda sangat perlu untuk menghemat penggunaan energi, seperti menghemat listrik dan air.

Hemat energi

Guna menjaga rumah yang ramah lingkungan, Anda sangat perlu untuk menghemat penggunaan energi, seperti menghemat listrik dan air.

Jika Anda menghemat air, hal yang paling penting adalah luangkan waktu Anda untuk mengontrol apakah ada terjadi kebocoran atau tidak, serta pastikan Anda tidak menjalankan air saat sudah tidak digunakan.

Jika Anda menghemat listrik, hal yang Anda harus lakukan adalah mematikan lampu bila Anda tidak menggunakannya lagi. Hal ini sangat membantu juga menghemat ekonomi Anda.

Panel Surya

Panel surya adalah fitur penting untuk rumah ramah lingkungan. Memberi Anda listrik yang benar-benar bersih, panel ini juga terkadang dapat menghasilkan energi yang cukup untuk memungkinkan Anda menjual sebagian ke jaringan.

Panel surya tentu saja merupakan investasi jangka panjang dan telah disarankan bahwa dibutuhkan sekitar 20 tahun bagi Anda untuk rumah ramah lingkungan Anda.

Fungsi utama panel ini adalah mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Panel surya juga harus diletakkan di atap rumah bagian timur dan barat, sehingga akan mudah mendapatkan energi solar matahari.

bahwa dibutuhkan sekitar 20 tahun bagi Anda untuk rumah ramah lingkungan Anda.

Membuat pupuk kompos

Jangan membuang sisa makanan dapur Anda atau bahan makanan dapur Anda ketika Anda selesai memasak, karena dari bahan dapur tersebut Anda dapat membuat pupuk kompos untuk tanaman yang ada di halaman rumah Anda. Maka, kumpulkan lah sisa-sisa makanan yang tersedia untuk didaur ulang serta dijadikan kompos.

Salah satu hal sederhana yang biasa diterapkan pada rumah ramah lingkungan, adalah mengelola limbah dan tersedianya tempat penampungan sampah sementara yang tertutup, sehingga meminimalisir risiko pencemaran udara dari bau yang dihasilkan oleh sampah rumah tangga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini