nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menghitung Biaya Traveling ala Keluarga Kerajaan Inggris, Habis Berapa Miliar?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 16:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 406 2158995 menghitung-biaya-traveling-ala-keluarga-kerajaan-inggris-habis-berapa-miliar-5I2ZFZRyVV.jpg Keluarga Kerajaan Inggris. (Foto: Shutterstock)

PERNAH membayangkan seperti apa rasanya traveling ala bangsawan atau keluarga kerajaan? Situs GoBangkingRates.com belum lama ini membocorkan total biaya yang harus dibayarkan oleh pembayar pajak Inggris, sehingga para anggota keluarga Kerjaan inggris dapat melakukan perjalanan resmi di dalam maupun luar negeri.

Sayangnya, data ini tidak mencakup biaya perjalanan resmi yang dilakukan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle, mengingat mereka telah mengundurkan diri dari keluarga Kerajaan Inggris. Berikut biaya perjalanan terakhir yang berhasil dirangkum Okezone, seperti dilansir dari USA Today, Senin (27/1/2020).

Israel

Anggota keluarga Kerajaan Inggris sebetulnya tidak terlalu sering mengunjungi Israel. Namun pada akhir Januari lalu, Pangeran Charles menyambangi negara tersebut untuk mengikuti World Holocaust Forum. Pada September 2016, Pangeran Charles juga melakukan perjalanan ke Israel untuk menghadiri pemakaman mantan Presiden Israel, Shimon Peres.

Biaya perjalanannya pada saat itu terbilang sangat mahal yakni berkisar Rp1,3 miliar. Pasalnya, Charles menggunakan penerbangan charter dari Aberdeen ke Bandara Ben Gurion. Namun ia mendapatkan keuntungan lain karena dapat mengunjungi makan neneknya di Yerusalem.

mendapatkan keuntungan lain karena dapat mengunjungi makan neneknya di Yerusalem.

Prancis

Pada Juni 2016, Pangeran William dan Kate Middleton melakukan kunjungan ke Prancis untuk memperingati Battle of the Somme Contenary. Kala itu, mereka ditemani oleh Pangeran Harry yang masih lajang.

Mereka pun bergabung dengan ribuan pengunjung di Thiepval Memorial untuk menghormati para pasukan Inggris yang gugur dalam pertempuran paling berdarah di Perang Dunia I itu.

Meski jarak Inggris dengan Prancis terbilang dekat, namun biaya perjalanan yang harus mereka keluarkan pada saat itu menembus angka Rp863 juta karena menggunakan dua pesawat charter yang berbeda.

Vietnam

Masih di tahun yang sama, Pangeran William melakukan lawatan ke Kota Hanoi, Vietnam. Kunjungannya kali ini difokuskan pada upaya melindungi satwa liar yang terancam punah.

Saat itu, William yang juga menjadi presiden dari organisasi United for Wildife, disambut hangat oleh Perdana Menteri Nguyen Xuan, sebelum menghadiri konferensi internasional tentang perdagangan satwa liar secara ilegal.

Sebelum kembali ke Inggris, William sempat menikmati momen liburan singkat dengan bermain sepak bola bersama warga Vietnam. Biaya perjalanannya kali ini bisa dibilang sedikit lebih murah karena menggunakan penerbangan komersial yakni, Rp672 juta.

sebelum menghadiri konferensi internasional tentang perdagangan satwa liar secara ilegal.

Oman, UAE, dan Bahrain

Pangeran Charles dan sang istri tercinta, Camilla memiliki jadwal yang sangat padat selama kunjungan resmi mereka di Timur Tengah, tahun 2016 lalu. Tak tanggung-tanggung, pasangan ini menghadiri 50 pertemuan di Oman, UEA, dan Bahrain selama kurang lebih satu minggu.

Kunjungan tersebut juga menjadi salah satu perjalanan dengan biaya termahal karena menggunakan penerbangan charter dari Royal Air Force Brize Norton ke Muscat, Abu Dhabi, dan Bahrain. Biayanya mencapai Rp1,4 miliar.

Rusia

Menurut laporan The Telegraph, hanya Princess Anne yang paling sering melakukan kunjungan resmi ke Rusia. Anak kedua dari Ratu Elizabeth II ini terakhir kali mengunjungi Rusia pada Agustus 2016 lalu.

Kala itu, Anne menyambangi kota Arkhangelsk untuk memperingati HUT ke-75 First Arctic Convoy, yang menyuplai makanan untuk pasukan Inggris dan Uni Soviet selama Perang Dunia II. Biaya perjalanannya menyentuh angka Rp734 juta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini