nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkes Sediakan 30.300 Health Alert Card untuk Turis dari Dataran China

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 20:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 406 2159135 kemenkes-sediakan-30-300-health-alert-card-untuk-turis-dari-dataran-china-eKXCH9UQ0Z.jpg Turis China jalan-jalan (Foto: Azernews)

Kewaspadaan terhadap virus korona Wuhan terus dilakukan pemerintah, dalam hal ini oleh Kementerian Kesehatan. Beberapa upaya dalam menjamin keselamatan warga Indonesia pun telah dilakukan, salah satunya dengan mengeluarkan health alert card (HAC).

HAC sendiri disediakan sebagai upaya untuk mengontrol turis dari dataran China yang masuk ke Indonesia. Pemantauan kesehatan berkala terus akan dilakukan dan HAC dipakai untuk memudahkan hal tersebut.

 Bali destinasi wisata yang disukai turis

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr Anung Sugihantono menjelaskan, Kemenkes sudah mulai membagikan HAC ini pada turis yang datang dari dataran China.

"Ini merupakan bagian dari mekanisme kontrol terhadap turis yang melakukan perjalanan ke Indonesia," paparnya di Kantor Kemenkes Jakarta, Senin (27/1/2020).

Kemenkes menyediakan HAC sebanyak 30.300 buah yang dibagikan di 26 titik pintu masuk yang ada di seluruh Indonesia. Pintu masuk ini yang memungkinkan turis dari dataran China mendarat langsung ke Indonesia.

Lalu, bagaimana HAC ini diberikan pada turis China?

dr Anung menerangkan, Kemenkes mencoba menginisiasi bahwa teknik pembagian HAC dilakukan di dalam pesawat atau moda transportasi lain. Hal ini tak jauh berbeda ketika turis asing mendapatkan kertas bea cukai.

Jadi, sebelum turis turun dari moda transportasi, tim akan membagikan ke semua penumpang.

Sayangnya, sambung dr Anung, sampai saat ini masih ada kendala teknis yang dihadapi turis terkait dengan HAC ini.

"Adalah masalah bahasa. Di dalam HAC, bahasa yang digunakan masih bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, sedangkan bahasa Mandarin belum. Kami sedang coba untuk menerjemahkan HAC ke dalam bahasa Mandarin dan semoga sore ini sudah selesai dan siap dibagikan," papar Anung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini