nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Walau Terlihat Bersih, Haruskah Kita Cuci Tangan agar Terhindar Virus Korona?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 12:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 27 481 2158849 walau-terlihat-bersih-haruskah-kita-cuci-tangan-agar-terhindar-virus-korona-aSUSEO7koc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAAT ini kita semua wajib waspada pada penyebaran Virus Korona. Cuci tangan dianggap ampuh mencegah penyebarannya.

Namun faktanya, masih banyak di antara kita yang menganggap bila tangan masih kelihatan bersih maka tidak perlu mencuci tangan. Padahal, tangan yang terlihat bersih bukan jaminan bahwa tidak ada bakteri atau virus berkumpul di situ.

Selama ini bahkan masih banyak di antara kita yang menganggap, mencuci tangan setiap saat dan berkali-kali bisa membuat Anda dicap menderita gangguan kejiwaan, begitu diungkap dalam buku “101 Mitos Kesehatan” dari Nutrifood Research Center, terbitan Gramedia.

Namun, tangan yang terlihat bersih belum tentu bebas kuman. Penelitian menunjukkan, tangan yang bersentuhan dengan objek-objek atau benda-benda di tempat umum (misalkan tempat duduk dan pegangan pintu) memuat berbagai jenis mikroba, termasuk bakteri yang umum pada tinja.

International Journal of Environmental Research and Public Health, 2011.

Hal ini diungkap dalam “The effect of handwashing with water or soap on bacterial contamination of hands”, International Journal of Environmental Research and Public Health, 2011.

Di dalam laporan riset tersebut juga dijelaskan bahwa mencuci tangan dengan air bersih bisa mengurangi keberadaan bakteri hingga 23% (atau 8%, bila Anda mencuci tangan memakai sabun).

Selain itu, mencuci tangan sebelum mencuci tangan menyiapkan makanan, sebelum makan, serta setelah buang air juga bisa menurunkan risiko diare, demikian ditulis dalam “The Effect of Handwashing at Recommended Times with Water Alone and With Soap on Child Diarrhea in Rural Bangladesh: An Observation Study”.

Centers for Disease Control and Prevention mengungkap hingga saat ini belum tersedia vaksin untuk melindungi kita semua dari infeksi Virus Korona ini. Namun, Anda bisa mengurangi risiko terkena Virus Korona ini, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

• Cuci tangan Anda dengan menggunakan sabun dan bilas di bawah air mengalir minimal selama 20 detik

• Ketika Anda belum mencuci tangan, jangan menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan kotor

• Sebisa mungkin hindari kontak dengan orang sakit

agar setiap individu melakukan beragam tindak pencegahan untuk mengatasinya.

Berkaitan dengan wabah virus korona yang kini sedang jadi keprihatinan kita semua, maka pakar kesehatan di seluruh dunia dan juga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terus menghimbau agar setiap individu melakukan beragam tindak pencegahan untuk mengatasinya.

Adapun cara pencegahan virus korona yang dapat Anda praktikkan dengan mudah adalah:

1. Sering cuci tangan pakai sabun

2. Gunakan masker bila batuk atau pilek

3. Konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah

4. Hati-hati kontak dengan hewan

5. Rajin olahraga dan istirahat cukup

6. Jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak

7. Bila batuk, pilek dan sesak napas segera ke fasilitas kesehatan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini