nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti Klaim Virus Korona Wuhan Bisa Mati dengan Alkohol dan Suhu Panas

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 13:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 481 2158880 peneliti-klaim-virus-korona-wuhan-bisa-mati-dengan-alkohol-dan-suhu-panas-MwWKXIkw80.jpg Peneliti klaim temukan kelemahan virus korona Wuhan (Foto : Straitstimes)

Virus korona Wuhan masih menjadi ancaman nyata masyarakat dunia. Virus ini terus menyebar di berbagai negara, sebut saja Kanada dan Arab Saudi.

Keterangan resmi China menjelaskan bahwa kasus wabah virus korona Wuhan ini sudah menginfeksi 2.744 orang, dengan 461 orang dalam kondisi kritis, dan 80 orang meninggal dunia. Peneliti pun terus berupaya menekan penyebaran dan penanganan kasus ini.

Di sisi lain, Chinese director of the State Key Laboratory for Diagnosis and Treatment of Infectious Disease, Li Lanjuan dan timnya yang terdiri dari enam ahli telah menemukan fakta bahwa bahwa virus berbahaya ini dapat dimusnahkan.

Ya, virus korona Wuhan ternyata memiliki Achilles Heel. Ini merupakan istilah yang menunjukkan kelemahan yang mematikan pada sesuatu yang kuat. Kelemahan tersebut secara potensial dapat berakibat fatal.

Virus Korona Wuhan

Nah, berdasarkan penelitian yang dilakukan Li Lanjuan yang merupakan epidemiologis, terungkap bahwa virus korona Wuhan tidak dapat bertahan hidup pada suhu di atas 57 derajat celsius dan akan mati di udara terbuka dalam 30 menit.

Selain itu, virus korona Wuhan juga akan mati dengan campuran eter atau etanol 75%, desinfektan, dan asam peroksiasetik yang mengandung klorin, terbukti sangat efektif dalam memberantas virus.

Sementara itu, ahli kesehatan selalu menyarankan untuk pencegahan infeksi virus korona Wuhan adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Selain itu, tidak melakukan kontak langsung dengan hewan pun disarankan untuk meminimalsir masalah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini