nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Korona Wuhan Sudah Masuk Indonesia? 4 Kasus Ini Sempat Bikin Heboh Jagat Maya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 15:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 27 481 2158937 virus-korona-wuhan-sudah-masuk-indonesia-4-kasus-ini-sempat-bikin-heboh-jagat-maya-G8ckOeL39T.jpg Ilustrasi (Foto : Nytimes)

Setelah Malaysia dan Singapura, Indonesia diklaim menjadi salah satu negara yang terdampak virus korona Wuhan. Meski belum ada statement resmi dari pemerintah maupun Kementerian Kesehatan, masyarakat sempat dihebohkan oleh beberapa kabar burung tentang masuknya virus ini ke Tanah Air.

Dimulai dari kabar terinfeksinya pegawai Huawei di Gedung BRI, Jakarta, hingga laporan adanya suspect virus korona Wuhan di Jambi. Perlu diketahui bahwa virus korona Wuhan merupakan virus jenis baru, dikenal dengan nama 2019-nCoV. Virus ini diklaim bisa menular dari manusia ke manusia.

Virus Korona adalah famili yang terdiri dari banyak virus, namun hanya enam (selain virus baru ini) yang diketahui menginfeksi manusia. Virus ini menyebabkan penyakit saluran pernapasan mulai dari flu biasa hingga kondisi parah seperti SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), yang telah menewaskan hampir 800 orang pada 2003.

Untuk mengetahui lebih lanjut apakah benar virus korona Wuhan telah menyebar di Indonesia, berikut Okezone rangkumkan ulasannya, Senin (27/1/2020).

Jambi

Warga Jambi sempat dikejutkan oleh kabar terinfeksinya salah seorang guru olahraga di sebuah Taman Kanak-Kanak. Menurut cuitan akun Twitter @nabilajafani, sang guru tiba-tiba mengalami gejala demam dan batuk setelah pulang dari kunjungannya di Kota Wuhan, China. Saat ini, dia diketahui tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Raden Mattaher, Jambi.

Virus Korona Wuhan

Jakarta

Pekan lalu, salah satu karyawan Huawei yang berkantor di Gedung BRI, Jakarta diduga terjangkit virus korona. Pihak BRI pun dilaporkan telah mengambil tindakan dengan membawanya ke rumah sakit terdekat, untuk mendapatkan penanganan medis serta diagnosa kebenaran terkena virus korona Wuhan.

Di hari yang sama, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan bahwa seluruh pegawai di Gedung BRI 2, Sudirman, Jakarta Pusat, tak ada yang terjangkit virus korona. Ia juga meminta kepada insan media untuk tidak memviralkan kabar tersebut.

Bali

Bali yang satu-satunya menyediakan penerbangan langsung dari Kota Wuhan, dilaporkan tengah menangani 4 pasien yang dicurigai terjangkit virus korona Wuhan. Mereka saat ini tengah menjalani perawatan di RSUP Sanglah, Bali dan RSPI Sulianti Saroso Jakarta. Kabar terakhir, belum ada satupun yang dinyatakan positif virus korona.

Bandung

Dua orang yang terdiri dari satu warga negara asing dan warga lokal tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat. Keduanya diklaim menjadi pasien suspect virus korona Wuhan, dan telah ditempatkan di ruang isolasi khusus.

"Masih terduga, namun sekarang pasiennya sudah masuk ke ruangan isolasi infeksi khusus rawat inap jadi udah keluar IGD. Sementara belum konfirmasi positif atau negatif," tutur Kepala IGD RSHS Bandung dr. Tommy.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini