Cegah Otot Kaku, Coba 4 Gerakan Stretching Ini Yuk

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 27 481 2159088 cegah-otot-kaku-coba-4-gerakan-stretching-ini-yuk-78zCVeFOAe.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SADAR atau tidak, aktivitas sehari-hari dapat membuat tubuh merasa pegal, linu, otot-otot menjadi kaku dan nyeri. Anda disarankan untuk melakukan gerakanĀ stretching sederhana.

Di sela-sela bekerja, tak ada salahnya Anda menyempatkan waktu untuk melakukan gerakanĀ stretching. Cara ini dilakukan otot-otot di dalam tubuh tetap lentur alias tidak kaku.

Tidak perlu repot dengan gerakan yang rumit, berikut ulasan singkat empat gerakan stretching yang penting untuk dilakukan setiap hari, dilansir Okezone dari Netdoctor, Senin (27/1/2020).

Stretching leher

stretching

Stretching leher bisa dilakukan sambil duduk. Tempatkan tangan kiri di sisi bagian kanan kepala dan tangan kanan di belakang punggung. Lalu tarik pelan kepala, ke sisi sebelah kiri hingga terasa di bagian leher. Tahan posisi ini selama 20 sampai 30 detik. Ulangi gerakan yang sama untuk posisi sebelah kanan.

Stretching berdiri

Posisikan tubuh dalam posisi berdiri, gunakan dinding atau pintu jika butuh sokongan tambahan. Tekuk kaki sebelah kanan, pegang bagian atas kaki kanan arahkan ke arah bokong sisi kanan. Bagian lutut mengarah ke bagian bawah atau ke lantai.

Dengan posisi ini, Anda akan merasakan peregangan di bagian paha sebelah kanan. Miringkan pinggul ke depan untuk merasakan peregangan di bagian atas paha Anda. Tahan selama 20-30 detik. Lakukan gerakan yang sama untuk kaki kiri.

Stretching dada

Berdirilah dengan tegap sambil menjepit tangan di belakang, remas bahu saat mengangkat tangan. Angkat lebih tinggi untuk merasakan peregangan yang lebih dalam. Tahan selama 20-30 detik.

Cat stretch

Lakukan telungkup atau posisi seperti merangkak dengan punggung lurus dan tegak. Posiskan dagu tepat di bagian dada, lalu kontraksikan perut dengan lembut saat.

Ketika melakukan ini, jangan sambil menahan napas ya! Tahan posisi ini selama lima detik, biarkan diri merasa rileks lalu ulangi hingga total lima lengkungan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini