Harga Sepatu Kobe Bryant Langsung Naik Jadi Rp13,6 Juta

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 28 194 2159695 harga-sepatu-kobe-bryant-langsung-naik-jadi-rp13-6-juta-Gnh6AZOkDD.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENINGGALNYA pebasket legendaris, Kobe Bryant bukan hanya mengguncang industri dunia basket, namun juga memberikan pengaruh pada dunia sepatu sneakers. Mengingat sosok Kobe Bryant sebagai seorang atlet basket, mantan pemain NBA memang sangat lekat dengan sepatu sneakers.

Semasa dirinya berkarier menjadi atlet basket dunia, Kobe bersama retail olahraga raksasa dunia, Nika dan juga Adidas telah banyak merilis sepatu sneaker signature ala Kobe Bryant.

Namun kabar kali ini, bisa dibilang kurang menggenakan. Pasalnya, sejak berita kematian Kobe, seperti dikutip Businessinsider, Selasa (28/1/2020) harga beli sepatu signature sang atlet telah meroket tajam, contohnya di marketplace resale, StockX. Para reseller mencoba untuk meraih keuntungan dari berita duka yang mengguncang dunia olahraga ini.

Sepasang sepatu sneakers signature Kobe yang dijual kembali di StockX, disebutkan awalnya hanya dijual kurang dari USD200 atau kurang lebih Rp2,7 juta saja, namun mulai hari Minggu kemarin sudah dibanderol seharga USD1000 atau sekira Rp13,6 juta!

namun mulai hari Minggu kemarin sudah dibanderol seharga USD1000 atau sekira Rp13,6 juta!

Perwakilan StockX menyebutkan, adanya kenaikan ketertarikan terhadap produk-produk yang berhubungan dengan sosok Kobe, sang legenda basket. Termasuk salah satunya sepatu sneakers hasil kolaborasi Kobe dan Nike yang paling terkenal.

“Seperti halnya pasar langsung, peristiwa di kehidupan nyata memiliki konsekuensi pada kinerja pasar. Sehubungan dengan adanya berita tragis meninggalnya Kobe Bryant, ada lonjakan minat pada produk yang terkait dengan legenda bola basket itu, termasuk beberapa kolaborasi sepatu sneakers yang paling terkenal," tutur perwakilan StockX.

"Meningkatnya minat adalah bukti dampak baik sosok Kobe entah itu di dalam maupun di luar lapangan,” bunyi pernyataan perwakilan StockX kepada Business Insider

Tetapi kondisi ini cobva dihentikan oleh pihak pengirim sepatu, sevara aktif mencoba menghentikan pihak-pihak yang ingin dari mengambil untung dari kematian tragis Kobe Bryant.

Misalnya Jaysse Lopez, pendiri Urban Necessities, mengatakan kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan dirinya, bahwa menaikkan harga barang-barang Kobe Bryant setelah tragedi mengenaskan adalah hal yang tidak akan diizinkan.

harga barang-barang Kobe Bryant setelah tragedi mengenaskan adalah hal yang tidak akan diizinkan.

Sebagai tindakan resmi, bahkan Urban Necessities dilaporkan juga mengirim surat kepada pengirim barang setelah ada pihak-pihak yang mulai mencoba mengambil untung secara materi dengan menjual barang-barang bertanda tangan Kobe.

“Karena meninggalnya Kobe Bryant baru-baru ini dan demi menghormati keluarga dan warisan yang ia tinggalkan. Kami tidak akan membiarkan adanya perubahan harga pada barang-barang Kobe Bryant yang dikirim," bunyi surat dari Urban Necessities, seperti dilaporkan pertama kali oleh Complex.

"Jika Anda telah menaikkan harga barang-barang Kobe Bryant, kami akan mengembalikan harganya kembali ke harga yang asli,” tambahnya.

Sementara di tempat lain, harga berbagai koleksi sepatu sneakers siganture Kobe Bryant memang telah melonjak tinggi hanya dalam waktu semalam. Data penjualan StockX mencatat, untuk sepasang sepatu Adidas Crazy 97 EQT Kobe Bryant 1997 Slam Dunk Contest yang sebelumnya seharga USD200 kini setelah berita kematian Kobe, harganya mencapai USD1000.

Begitu juga dengan model sepatu lainnya, contohnya Kobe 4 Protro Los Angeles Lakers yang sekarang harga jualnya disebutkan telah naik empat kali lipat!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini