nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mom, Yuk Kenalkan Science Sejak Dini ke Anak dengan Bermain Bersama

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 16:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 28 196 2159591 mom-yuk-kenalkan-science-sejak-dini-ke-anak-dengan-bermain-bersama-qL8UBcpcxH.jpg Anak-anak belajar sains (Foto: Ist)

MENGENALKAN sains pada anak-anak tak melulu berkutat pada teknologi yang mumpuni ataupun menggunakan bahan-bahan yang langka. Pasalnya, percobaan sederhana menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia di rumah juga sudah mampu memperkenalkan si kecil pada dunia sains lho.

Buat para orang tua yang ingin mengenalkan dunia sains pada anak-anaknya, berikut cara sederhana yang dapat dilakukan bersama si buah hati sambil bermain air.

Mencampurkan minyak dengan air

Ada sejenis benda yang tak akan pernah bisa disatukan. Air dan minyak contohnya. Sama-sama berwujud benda cair, namun air dan minyak tak dapat disatukan bahkan ketika Anda mengocoknya.

Kenalkan eksperimen ini kepada si kecil hanya dengan menggunakan sebotol air, pewarna makanan, dan dua sendok minyak goreng. Caranya, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam air, kemudian tuang sekira dua sendok makan air berwana beserta dua sendok makan minyak goreng ke dalam botol kecil.

Setelah itu, pasang tutupnya dengan erat dan kocok botol sekuat mungkin. Letakkan botol kembali dan perhatikan dengan seksama. Karena sekilas cairan tersebut akan bercampur tetapi pada dasarnya minyak akan kembali melayang keatas.

Konsep tenggelam dan terapung

Dari pada menjabarkan teori mengenai terapung dan tenggelam yang rumit, alangkah lebih menarik jika anak dilibarkan langsung untuk memahami konsep tersebut dengan bereksperimen. Alat-alat yang dibutuhkan pun sangat sederhana.

1

Cukup dengan menyiapkan baskom besar, air, dan beberapa benda yang memiliki berat berbeda,kemudian minta anak agar mengisi air ke dalam baskom besar hingga hampir penuh. Bimbing si kecil untuk memasukkan benda-benda tersebut ke dalam baskom tersebut, kemudian minta si buah hati untuk mengamati posisi benda. Jika benda berada di dasar baskom berarti benda tersebut tenggelam, jika benda berada di permukaan maka benda terapung.

Pengaruh berat jenis

Percobaan sains ini menunjukkan pengaruh berat jenis air terhadap benda yang masuk ke dalamnya dengan cara dicampurkan dengan garam. Mengenalkan percobaan ini kepada si kecil dapat membuatnya mengerti mengapa kapal laut yang beratnya ribuan ton dapat tetap mengambang di lautan.

Cara mencobanya pun sederhana, cukup siapkan air, gelas, telur, dan juga garam dapur. Minta anak untuk menuangkan air ke dalam gelas, masukkan telur ke dalam gelas tersebut dan minta anak untuk mengamatinya (telur tenggelam sepenuhnya). Kemudian keluarkan telur dari gelas, masukkan beberapa sendok garam, aduk. Masukkan kembali telur ke dalam gelas dan minta anak untuk mengamati (telur sepenuhnya mengambang).

Eksperimen mengenai sains diatas tentunya akan membuat si kecil lebih mudah paham. Apalagi jika mereka dapat belajar sains secara bersama-sama dengan teman sebaya dengan mengikuti 3M Science Games.

Sebagai sebuah perusahaan yang berbasis sains, 3M mengadakan acara perlombaan yang berkaitan dengan sains yang bernama 3M Science Games, Curiosity Leads to Big Ideas yang dikemas secara fun dan menarik. Perlombaan ini dapat diikuti oleh peserta didik dari Sekolah Dasar (SD) yang berlokasi di Jabodetabek. Range peserta yakni siswa siswi dari kelas 3 hingga 6 SD.

1

Untuk para tim yang telah mendaftar akan mengikuti tahap eliminasi pada 20 – 24 Januari 2020 di kantor 3M Indonesia yang berlokasi di Arkadia Green Park Office. Untuk mengetahui updatenya, silahkan kunjungi microsite 3M di 3msciencegames.okezone.com. (adv)

(wil)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini