nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Virus Korona, Menparekraf Wishnutama Larang Wisatawan dari Wuhan Masuk Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 17:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 28 406 2159612 cegah-virus-korona-menparekraf-wishnutama-larang-wisatawan-dari-wuhan-masuk-indonesia-qKZeePfqL5.jpg Menparekraf Wishnutama Kusubandio (Foto : Dok.Okezone)

Meski penularan virus korona Wuhan telah dilaporkan tersebar di 16 negara di dunia, pemerintah Indonesia hingga saat ini belum mengeluarkan kebijakan pelarangan wisatawan asal China untuk masuk ke Indonesia.

Mengenai pelarangan wisatawan masuk ke Indonesia terkait virus korona Wuhan, hal itu dibenarkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. Dia mengatakannya saat menghadiri rapat koordinasi bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin 27 Januari 2020.

"Belum ada kebijakan pelarangan wisatawan asal China masuk ke Indonesia kecuali dari Kota Wuhan," ujar Menparekraf Wishnutama seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (28/1/2020).

Pria yang akrab di sapa Tama itu menambahkan, Kementerian Luar Negeri secara umum juga telah mengeluarkan status (travel advice) kuning di China untuk memperingatkan para WNI yang akan pergi ke China. Sementara untuk Wuhan, statusnya merah atau dilarang.

Sebagai informasi, terdapat 7 (tujuh) kota di Indonesia yang terhubung dengan rute penerbangan ke kota-kota di Cina yaitu Jakarta, Denpasar, Manado, Batam, Semarang, Solo, dan Surabaya.

Sedangkan untuk penerbangan ke Wuhan dari Indonesia adalah dari Denpasar dengan frekuensi 4 kali penerbangan setiap minggu dengan kapasitas penumpang per minggu sebanyak 1.720 penumpang selama periode Winter 2019.

Virus Korona Wuhan

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan juga sudah mengeluarkan travel advice sebagai upaya pencegahan virus korona Wuhan masuk Indonesia. Imbauan tersebut dikeluarkan sejak 3 Januari 2020.

"Sampai saat ini belum ada travel banned, tapi kami sudah keluarkan travel advice pada 3 Januari lalu, terutama bagi WNI yang hendak melancong ke China dan beberapa negara terdampak," ujar Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Anung Sugihantono, saat membahas penyebaran virus korona di Gedung Adhyatma, Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Meskipun ada travel advice, tegas Anung, bagi WNI yang ingin pergi ke China harus tetap waspada. Ada persiapan khusus yang harus dilakukan agar tidak tertular virus korona Wuhan. "Mau ke China boleh, tapi harus dengan kesiapan dan kewaspadaan yang tinggi," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini