nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WNI di Wuhan Selamat dari Virus Korona, Menkes Terawan: Terus Jaga Imunitas

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 10:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 28 481 2159366 wni-di-wuhan-selamat-dari-virus-korona-menkes-terawan-terus-jaga-imunitas-RH2y3DOvPA.jpg Ilustrasi. (Aljazeera)

KEBERADAAN Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, akibat virus korona (coronavirus/nCov) menjadi kekhawatiran banyak kalangan. Mereka tidak bisa keluar dari Wuhan, akibat wabah virus korona semakin meluas.

Meski pemerintah China telah melakukan tindakan mengisolasi warga Wuhan guna menekan penyebaran virus korona, nasib WNI yang berada di sana tentu dipertanyakan. Kira-kira bagaimana kondisinya?

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengatakan, saat ini WNI yang ada di Wuhan sekira 243 orang. Status kesehatan mereka baik-baik saja dan tetap mengikuti saran pemerintah setempat dalam menghadapi wabah virus korona.

"WNI di Wuhan, China, semuanya dalam kondisi sehat," terang Menkes Terawan kepada wartawan, belum lama ini.

ilustrasi

Menkes Terawan berharap, masyarakat Indonesia tetap tenang dan ia mengimbau masyarakat untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh masing-masing. Sebab, dengan kondisi imunitas yang baik, tubuh sulit untuk terserang virus apapun.

"Saya mengimbau kepada semua masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, agar kekebalan tubuh dapat terjaga dengan baik," sambungnya.

Di sisi lain, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr Anung Sugihantono menerangkan, betapa pentingnya seseornag menjaga sistem imunitas tubuh dengan baik. Langkah ini membuat seseorang sulit sakit, sekalipun ia berada di area yang banyak mengandung virus.

Anung meyakini bahwa 243 WNI yang ada di Wuhan, China, memiliki sistem imunitas yang baik. Sebab, mereka membuktikan bahwa dengan menjaga kekebalan tubuh, mereka tetap sehat.

mereka membuktikan bahwa dengan menjaga kekebalan tubuh, mereka tetap sehat.

"Ingat, kalau daya tahan tubuh baik, maka tubuh tidak mudah tertular virus. Itu kuncinya," papar Anung, ditemui di Gedung Kemenkes, Jakarta, Senin 27 Januari 2020.

Kewaspadaan terhadap penularan virus korona harus terus dilakukan, sekalipun WNI dinyatakan sehat. Banyak langkah yang harus dilakukan, mulai dari menggunakan masker hingga selalu menerapkan gaya hidup bersih, makan sehat dan menghindari faktor risiko penularan virus dari hewan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini